Kecil/Cemilan, Oleh-Oleh, Utama

Oleh-oleh Manado lagi: nasi kuning, biapong, pia, kukis

kue sagu kejubungkusan biapongnasi kuning serojaHa ha kalau lagi rejeki emang nggak kemana … lagi-lagi mendapat oleh oleh dari kota Manado, sekarang cukup banyak nih yang diperoleh … yang pasti tak ketinggalan nasi kuning woka dari Seroja .. biapong bintang wayang … berbagai kukis dari kartini dan pia (kingkong) belum tanya dari mana ….. [ini pelipur lara untuk penggemar kuliner Manado … semoga nanti ada reportase langsungnya] ..

nasi kuning woka dan rica

6 bungkusada rica seplastikSudah pasti yang pertama disantap adalah nasi kuning seroja, yang dibungkus dengan cantik dalam woka … [Woka itu nama daun dari pohon seho, yang disadap untuk menghasilkan gula semut.] Mengapa pertama? karena nasi kuning tidak bisa tahan lama di suhu ruang, akan segera basi …nah supaya tidak basi harus disimpan di lemari es dan dihangatkan dalam kukusan, nah rasanya beda …. Seperti apa sih nasi kuning itu, bisa lihat di ikatan wokaartikel sebelumnya, Kiriman Wokaikatan woka juga Dari Manado. ujung wokaYang pasti dari 6 bungkus yang dikirim segera saya santap 2 … dan karena belum dipanaskan dengan kukusan rasanya masih sangat orisinal … Aduh sedap sekali memang campuran abon ikan siap santapsudah dibukatelor satu plus ricacakalang, kentang rebus dan goreng (ada daging sapikah didalamnya?) plus satu telur utuh… semuanya dipadu rasa bersemu manis yang tipis… Nasi kuningnya sendiri sudah enak …dengan aromanya yang unik … Nah bagian paling mantab adalah sambel yang disertakan … wah ini bener-bener menipu … warnanya yang merah seperti manisan dan diberi dalam jumlah banyak … siapa sangka ternyata pedesnya bukan main … tapi kalau tidak pedas apa layak dia diberi nama nasi kuning manado …??? [oh iya limbah wokanya untuk santapan lubang resapan bioporiku lho…]

telor ... rica

suwir ikan, kentang ...

kentang ... ikanmantappp 

 

 

nasi ...telor rica nasi

nasi lagi

habis .... sisa wokanya saja

 

 

 

bungkus biapongbungkus biapongBagaimana dengan biapong Bintang Wayang … ada 2 jenis yang daging **** dan yang kacang hitam orang sana bilang “temo” (e’ seperti tempe)…. saat ditulis ini saya sudah kukus tiga buah dua saya makan satu untuk istri he he he … kertas pembungkus .. biapong didalamsoal rasa ya jelas enak … bawanya saja dari jauh…. cuma lupa difoto maaf ya … ini bungkusannya saja deh ditengok …. [digigit selagi panas … aduh bagian rotinya empuk sekali dan wangi …. nah sebentar saja sudah masuk kebagian utama dengan isi kacang favorit saya … manis tapi tidak kemanisan dan tidak ada aftertastenya ….]

Pia kingkongsekotak isi berapa?mantap kan??Pia ini baru saya lihat … biasanya pia dari sana kecil-kecil (kalau besar paling diameternya tapi gak gemuk).. yang ini tidak biasa.. ukurannya gede banget … nama kingkong saya yang sebut saja karena belum tanya dari mana …

sagu kejuaneka kueBagaimana dengan kukis (kue-kue) dari Kartini … ah sudah beberapa yang masuk perut nih … onbeikuk [yang ini mantap lho … pas bener manis dan aroma kayu manis tidak brudelapa ya ...keras] dan kue sejenis bolu keju yang saya belum tahu namanya … he he sedapnya  …. untuk disantap masih ada kue sagu, dan brudel…..

 

 Ah ah … kapan nih aku mudik ke Manado ????? tunggu tahun depan ya nanti aku wisata kuliner kesana …

sambalnya mantap!!!!          

                 porsi kedua siap santap lanjut  penggugah selera

About these ads
Standar

6 thoughts on “Oleh-oleh Manado lagi: nasi kuning, biapong, pia, kukis

    • Ha ha Kang Alamendah … mari kemari tak suguhi … takut kiriman gak sampe kesana … he he
      [*** pilih nasi kuning, bakpau kacang, pia kacang atau kueh***] … paling sedap makan di saung tepi danau atau tepi sawah … ah cari dimana ya …

  1. Ping-balik: PENGALAMAN PERTAMA : Kawok Manado « Makan Lagi – Lagi Makan

  2. alvin berkata:

    Kacang Goyang Ses. Noortje
    Rp. 30.000.-/ 400 gram
    Belum termasuk Ongkos Kirim

    Pemesanan mohon dilakukan minimal 3 hari sebelumnya karena produk kami semuanya fresh kami buat setelah Anda mentransfer full payment.

    Hub :
    alvin
    022 92 139 139
    081 22 3939 78

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s