Hotel, Perjalanan

Bermalam dan menikmati pagi di Hotel Santosa – Cipanas

Bangunan Resepsionis dan kantornya

Berangkat sesudah makan malam dari terminal Lebak Bulus, Jakarta naik Bus AKAP AgraMas ke Bogor.  Sempat berteduh dulu di Bogor karena hujan cukup deras, dan setelah reda menjelang tengah malam sambung dengan ojek ke perempatan Ciawi berhubung tak ada lagi angkutan langsung ke Cipanas (beda dengan jaman dahulu 24jam masih ada bis lewat Bogor ke berbagai tujuan).  Dari perempatan Ciawi sambung lagi dengan bus tujuan Tasik.

Pada saat berteduh di Bogor saya sempat menelpon dulu ke tempat dituju, Hotel Santosa di Cipanas-Cianjur, bagaimana ancer-ancer lokasinya dan apakah ada kamar. Lokasi dijelaskan adanya sebelah kanan jalan, berarti sejajar Istana Cipanas. Dan adanya beberapa ratus meter saja setelah Istana. Kamar masih ada, dan setelah konfirmasi nama, rupanya sudah dicatatkan oleh Bang MK si petani bunga. Oh iya saya kesana soalnya esok pagi mau lanjut dengan survey ke Garut bersama beliau.

Tangga menuju ke bangunan resepsionis

Sampai lokasi disambut oleh penjaga malam, dan diteruskan data-data ke resepsionis. Karena memang sudah dipesankan maka langsunglah saya dibawa ke kamar.  Tak lama datanglah setermos teh hangat untuk menghangatkan badan dan menghilangkan haus. Pelayanan yang baik.

Hotel Santosa bukan penginapan yang wah, tapi saya justru senang yang seperti ini. Bangunan yang saya tempati nampaknya cukup tua usianya tetapi terawat dengan baik. Demikian juga dengan perangkat-perangkat yang ada di kamar, tua tetapi terawat – ada televisi. Kamar mandi juga bersih dengan air jernih dan bak mandinya, oh iya ada air panas kalau mau. Segera setelah membersihkan badan tidurlah saya karena harus siap pagi-pagi. Oh iya, kamarnya sendiri ada dua bagian, kamar tempat duduk-duduk dimuka dan tempat tidur di ruang berikutnya.

Kamar yang bersebelahan

Terbangun pagi hari, menghirup udara segar dan melihat keseluruhan lokasi yang ternyata memang bagus, halaman yang luas dan hijau. Bangunan tempat menginap ada yang baru juga, dan terdiri dari beberapa bangunan terpisah. Berbagai bunga tumbuh dan berbunga merupakan kenikmatan tersendiri di pagi hari. Eh ternyata sarapan sudah disediakan, juga kopi dipagi hari… ah aha enaknya. [Ups rupanya ada nasi uduk enak diseberang ... jadi makan lagi deh nasi uduk seberang hotel, tapi pesan dibelikan sama petugas saja .. tidak keluar].

Rumput dan kayu di halaman

Sangat menawan warnanya

Rumput tegak di halaman

Bunga-bunga sederhana nan indah

This slideshow requires JavaScript.

Hotel Santosa
Jalan Raya Cibodas Kecamatan Cipanas-Cianjur
0263-512612
About these ads
Standar

15 pemikiran pada “Bermalam dan menikmati pagi di Hotel Santosa – Cipanas

  1. Fotonya om iksa …
    as usual … makin mantap …

    saya suka rumput dan kayu itu … entah mengapa …
    sepertinya itu bicara banyak

    salam saya Om

  2. mantab om, sekilas terbayang bangunan klasik, asri penuh bunga, oh ya saya suka foto rumput tegak di halaman itu lho…tak pandangi makin lama makin asyik, seperti di halaman beneran

  3. Meidy N Surawinata berkata:

    Saya pernah tinggal di kamar JAYA selama kurang lebih 3 bulan. Waktu itu sekitar tahun 1978. Bentuknya belum seperti sekaerang. Dulu ada pohon Lengkeng di depannya. Jika makan pagi dikasih roti isi keju. Enak banget. Tinggal disana karena waktu itu rumah dinas papa belum siap untuk ditempati di daerah Cianjur. Kenangan yg menyenangkan…. Kangen suasana Cipanas !

  4. Itu ada dipostingan detail lokasinya Om Denny… Kalau dari arah Puncak ada di kanan jalan beberapa ratus meter sesudah Istana Cipanas, kelihatan kok ….

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s