Tenda/Warung

Nasi Jamblang Khas Cirebon – Bapak Sukur

P9170335 P9170338

P9170327

P9170328

 

 

 

Sudah lama mau makan di tempat ini ternyata tidak mudah untuk berhasil, beberapa kali lewat karena kesiangan dia sudah tutup, kalo paginya belum kepikiran makan. Nah suatu siang menjelang akhir bulan puasa kesampaian juga mencobanya.

Dari kantor di mega-kuningan cukup keluar di ke gatot subroto via denpasar, kemudian masuk ke tendean… persis sebelum jembatan penyeberangan didepan kantor pos mampang lokasinya ada disebelah kiri cuma dengan plang dan spanduk kecil “Nasi Jamblang Masakan Khas Cirebon”. Untuk yang bawa mobil sendiri bisa parkir di plasa tendean diseberangnya cuma harus berputar jauh ya… kalau bawa pengemudi ya lumayan deh bisa makan langsung.

P9170321

P9170319

P9170313

P9170312

 

 

 

Pas masuk kita akan disambut dengan etalase besar berisi aneka lauk yang segera menggugah selera (dimenu ada 30 jenis, tapi mungkin tidak semua dipajang karena hanya ada sekitar 20 yang kelihatan, lain kali saya cek deh kalau makan disana lagi). Rupanya seluruh rombongan baru pertama kali makan nasi jamblang model begini, jadi masih bengong-bengong, untungnya tidak ada tamu lain jadi tidak menghalangi arus he he he… Si ibu pengelola langsung turun tangan sambil menunjuk wadah berisi nasi putih, piring dan daun pisang “Silahkan ambil sendiri nasinya sesuai dengan kemampuan, bisa dipakaikan alas daun pisang kalau mau”, selanjutnya sambil menunjuk ke rombongan makanan dietalase, “Lauknya juga diambil sendiri saja mana yang mau, … ini ayam gorengnya pakai ayam kampung lho”.  Karena ingat bahwa banyak yang rekomendasi blakutak, saya anjurkan rekan2 untuk mencobanya, hmm sayang saya sendiri tidak bisa mencoba.

P9170314

Saya sendiri untuk tahap pertama mengambil: nasi putih yang banyak, ayam goreng, rempeyek udang, semur ati ampela, semur tahu, tempe goreng tepung. Minumnya teh manis hangat.  Sayang sekali nasinya tidak hangat .. apa karena kesiangan atau bulan puasa jadi turn overnya tidak cepat, kalau panas pasti lebih mantap lagi. Nasi dibanjiri dengan kuah semur tahu dan semur ati-ampela … hue sedap wangi bener jadinya ….

Ayam gorengnya agak berminyak, tetapi mantap juga dimakannya… ah sayang sekali ini juga tidak panas ya … wah kalau panas dan pakai nasi panas bisa top banget deh… Tempe goreng tepung juga segera ludes masuk kedalam perut, demikian juga denga tahu semur yang lunak dan manis itu … semur ati ampela dimakan perlahan-lahan karena banyak … rempeyek udang (dengan satu ekor udang ukuran kelingking jari tangan .. lumayan juga) tidak cukup satu jadi tengah jalan ditambah lagi …. Nasi putih jelas tambah lagi dengan ukuran seperti biasa, dan ditambah satu lagi tahu semur plus kuahnya …. hue he baru tambah lagi rempeyek udangnya … Wah mantap banget deh…

P9170316

P9170318

Yang pasti masih akan kembali lagi untuk mencoba kalau nasinya lebih panas dan masih banyak menu yang perlu dicoba… juga karena lapar tidak kepikiran banyak bikin poto makanannya … huh maaf ya …tunggu reportase berikutnya tentang nasi jamblang (entah disini atau ditempat lain ya … katanya di kalibata enak juga he he).

Masakan Nasi jamblang Khas Cirebon (Bapak Subur)

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No. 16 (sebelum jembatan penyeberangan, kalau dari arah mampang)

Harga: sangat murah, untuk 5 orang (hitung saja 6 karena saya tambah banyak) hanya bayar 80ribu saja.

Standar

3 thoughts on “Nasi Jamblang Khas Cirebon – Bapak Sukur

  1. Quchai berkata:

    ciri khas nasi jamblang adalah nasinya dibungkus daun jati…, kalo ga dibungkus daun jati bukan nasi jamblang..
    di cerita ini koq, ga disinggung daun jatinya?

    • Om Quchai … berhubung si penjual dari awal sudah minta maaf tidak pakai daun jati jadi tidak disinggung lagi deh … (mungkin karena cukup laris tanpa daun jati juga ya… atau apa… nanti kalau kesana lagi ditanyain deh …)

  2. Ping-balik: Si Hitam dari Condong Raos « Makan Lagi – Lagi Makan

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s