Restaurant

Pecel lele ala Thailand

Kalau mendengar makanan bernama pecel lele, tanpa harus menjadi Latar belakang pecel leleorang yang suka melakukan wisata kuliner pasti sudah terbayangkan segerombolan sayuran segar dan sambal yang mengiringi seekor lele goreng. Demikian pula dalam benak saya saat ini, sebagai seorang yang baru jadi penggemar lele sejak beberapa belas tahun lalu, tepatnya sejak menikah dengan istri … yang suka makan lele. [Sebetulnya lucu juga, kalau belut dari jaman dulu sudah doyan makannya, entah mengapa si lele ini baru termakan setelah belajar dari istri…].

Beberapa saat lalu, disuatu siang kami (saya dan Ibu) harus menunggu pembuatan pas foto untuk pengurusan visa tidak ada niat makan sebetulnya… [ehm mau Pecel lele thailandjalan-jalan nih…, perlu mulai kumpul info juga segera], nah karena pas harus menunggu selama jam makan siang mampirlah kami di restoran yang ada di gedung yang sama.  Kebetulan ini restoran masakan Thai, padahal dibenak saya tidak banyak koleksi makanan Thai yang nyangkut [dulu biasa makan di resto teman cuma ikut saja dibilang ini enak, itu enak … iya deh pesan ..]… akibatnya satu demi satu halaman di menu harus diteliti dulu untung banyak gambarnya jadi gampang juga deh … he he memang visualisasi itu penting.  Sampai nampak satu gambar yang menarik, wah ternyata ada pecel lelenya juga disini.

Makanan ini aslinya sebetulnya salad mangga muda khas thai, yang berisikan mangga muda, daun salad dan kacang mede  … ada dressing apa ya kok nggak kelihatan tapi enak. Nah sebagai pelengkap di atasnya diberikan seonggok lele goreng kering … nah enaknya si lele ini sudah berupa kerupuk besar … alias disuwir-suwir halus dan Close up pecel leledi goreng kering menjadi satu kesatuan … cuma kepala dan ekor yang terpisah. [Hmm garing-garing ini juga jadi andalan kuliner Thai rupanya]… Salad mangga mudanya sendiri jelas sangat segar, aduh nikmat sekali rasa asam mangganya setiap masuk sesendok besar, kadang disertai kacang mede atau daun salad … paling sedap lagi pas disuap bersama dengan garingan lele … Oh iya, meskipun digoreng garing tidak nampak minyak lho, dan tetaplah rasa lele yang khas itu tersaji dengan baik … Waduh seporsi yang awalnya nampak besar dan dipertanyakan apa bakal habis segera musnah dilahap …. Bahkan, sebelum makan usai sudah dipesan seporsi lagi untuk dibawa pulang … uhuy asiknya ….

Lokasi : Restaurant Tamnak Thai di kemang raya (Adorama)

Harga : (lupa) beberapa puluh ribu seporsi …

Standar

9 thoughts on “Pecel lele ala Thailand

    • Kang Alamendah …
      memang bukan yang biasa … tapi pas pesannya saya bener2 minta ‘pecel lele’ ke staf yang menerima pesanan lho … dua kali malah termasuk waktu minta bungkus he he he [tapi sekarang sudah ada resto yang bikin pecel lele macam-macam, goreng tepung dll .. wah namanya lupa]

  1. biasanya yang dari thailand tuh besar besar alias jumbo saya pernah lihat di acara mancing mania thailand lele nya gede pisan namanya klo gak salah “mahkong…fish”:)

    • Terima kasih atas kunjungan Bundo …
      he he he iya cuma bisa tulisnya soal pengalaman makan disini soalnya yang serius-serius sudah jatah orang lain ….

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s