Event, Restaurant

Kuliner Transjakarta: Bakmi Belitung

Bakmi Gunung Sahari alias Bakmi BelitungPerhentian pertama adalah Bakmi Gunung Sahari yang lebih dikenal sebagai Bakmi Belitung … awas jangan keliru dengan Resto disebelah kirinya yang malah pasang nama Bakmi Belitung ya soalnya yang itu belum saya coba, jadi saat ini masih no comment untuk itu. Kalau  menuju lokasi Bakmi Belitung ini dari Mangga Dua Square dicapai dengan jSiap masukalan kaki … Jadi kalau menggunakan busway, turun di Shelter mangga Dua dan jalan kembali ke arah rel kereta sekitar 250 meter … sehat kan. Nah mereka sudah buka jam 7 pagi (siap-siap dari jam 6 dan melayani makan jam 7 … rajin bener ya ..). Cocok kan untuk dapat sarapan yang lezat … mau kan..

MenunyaNah kalau kita lihat di menu ada banyak juga makanan. Tetapi yang menjadi andalan disana adalah bakmi belitung (pastinya), bakmi kepiting – ah tak bisa kumakan –, dan baso ikan.  Minuman yang mantap Es/Air Jeruk Kunci, sangat segar lho … beda deh dengan yang umumnya jumpa di Jakarta (untuk yang biasa di manado, ini setara dengan Lemon Manado … mungkin bahannya sama…). Kami hanya pesan bakmi belitung 2 porsi dan masing-masing minum es jeruk kunci … kok 2 porsi untuk 6 orang sih … Nah kan masih pertama, akan banyak tempat lagi untuk dikunjungi sampai siang … ini memang ala JS banget… sharing makanan .. toh sehat semua ya .. [tambahan ada sate lilit bali yang dibawa sama Nathalie … he he he]

Bakmi BelitungMeskipun bingung, si engkoh segera memerintahkan pembuatan bakmi, sambil kami harap cemas dan lapar menunggu … he he .. Tapi begitu datang aduh langsung deh terpana … kok cakep bener nih bentuknya … mie dibanjiri dengan kuah sampai mau keluar dari piring kalau salah taruh … ditutup dengan keripik belitung, irisan ketimun, lengkap potongan tahu, bakwan goreng dan UDANG yang segede jempol sangat segar …. (Aduh asli deh kalau nggak lagi berombongan bakal makan paling nggak 2 porsi sendiri ….)

Dua posi bakmi dan jerukKhas dari anggota JS adalah lebih dahulu memuaskan kamera dengan membuat foto-foto makanan tersaji dari berbagai sisi sebelum menyantap makanan yang tersedia tersebut. Nah kali inipun tidak berbeda, semua sibuk memotret bakmi yang datang sebelum disentuh untuk disantap …. he he he..

Sisi lain

Nah, bakmi yang telah usai difoto oleh peliput JS segera dikucuri dengan air perasan dari jeruk yang disertakan … dan begitu dicicip kuahnya terasa  sekali sangat wangi, gurih, dan segar oleh campuran jeruk.. sangat terasa aroma makanan laut yang segar.. huh jadi tidak sabar untuk menyantapnya.

Close up bakmiSetelah usai mencicip kuah semua berkomentar mantap nih .. hm sedapnya …lho makannya juga belum kan? Makanya segera dilanjut dengan pembagian mie ke piring-piring kosong yang telah disediakan [2 porsi dengan 6 piring kosong .. he he untung nggak marah si engkoh … sabar ya masih pagi nih) … mie yang dicoba lembut tetapi cukup kenyal untukmasih dapat disebut mie … tahu yang disertakan aduh enak sekali rasanya …  lembut dan wangi oleh kuah …  berbagai potongan bakwan juga menambah cita rasa … dan yang paling menyenangkan adalah udangnya itu … gemuk-gemuk dan segar sekali … rasanya ini adalah kunci suksesnya … kualitas bahan makanan yang baik … Selamat ya engkoh  … saya akan berkunjung lagi lho ….

Bonus gambar":

seporsi mie

Mie diangkat untuk foto

Jeruk untuk mie

Gorengan Garing  

Note : karena adanya garingan berbahan babi ini saya tidak bisa merekomendasikan resto ini untuk rekan-rekan Muslimku .. meskipun makanan yang dijual berbasiskan makanan laut (udang, ikan dan kepiting…) dan pembuatnya juga berasal dari daerah asal Laskar Pelangi ….

Standar

10 thoughts on “Kuliner Transjakarta: Bakmi Belitung

  1. Salam Takzim
    Kalau boleh tau seporsi berapa om, biar bisa nyiapin berdua, bertiga, berempat atau sekeluarga om, maklum masih tiris om
    Slam Takzim Batavusqu

    • Wah lupa ditulis … nanti di update juga deh …
      ——————————————
      Bakmi Gunung Sahari
      Jl. Gunung sahari raya No. 22
      (dkt rel kereta api)
      Telp 6599 559
      Mie Belitung 12,000
      Es Jeruk Kunci 3,500
      Jam buka 7:00 – 21:00

  2. Ping-balik: Kuliner Transjakarta: Sate kambing Warteg Nonem « Makan Lagi – Lagi Makan

  3. wah, kok semuanya bikin ngiler sih………:)🙂🙂
    kapan2 mau juga deh pergi sama keluarga,
    eh, tapi ada masakan babinya juga ya PAk Iksa ?
    hiks….hiks….batal deh……….
    Salam.

    • Bunda,
      saya waktu itu tidak cek menunya … rasanya makanan yang dijual dasarnya seafood (udang, ikan, kepiting.
      cuma ada condiment yang tersedia dimeja berupa ‘Garingan’ biasanya itu diperoleh sebagai sisa ekstraksi minyak dari lemak babi …. karena itu sejak awal saya tulis tidak bisa merekomendasikan untuk sahabat Muslim …

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s