Oleh-Oleh

Ayo minum Bir ……. (yang ini minuman halal)

Yang pasti bir ini halal …

Minuman tradisional betawi

Minuman tradisional betawi

Lha memang nggak ada alkohol dan dibuatnya dari gula, jahe dan kayu secang … he he he … iya inilah minuman tradisional Betawi …alias Bir Pletok ….

Botol ini saya beli di Kampung Budaya Betawi di Situ Babakan – Srengseng Sawah seharga 10ribu rupiah saja… yang mau silahkan kesana … bisa liat pembuatannya sekalian …. namanya juga wisata kuliner..  banyak makanan dan minuman tradisional betawi punya … sekalian ketemu Om Zipoer yang tinggalnya deket sana …

eh ngomong-ngomong Situ Babakanya juga okay punya lho buat rekreasi sama keluarga, temen atau beduaan aja (he he nanti juga rame dan di jagain centeng-centeng) …..

Standar

26 thoughts on “Ayo minum Bir ……. (yang ini minuman halal)

    • Bro Giri … aku belum liat cara buatnya jadi belom difoto … he he itu juga pas beli baru mulai produksi lagi setelah libur lebaran …

  1. nambahkan info mas, dr salah satu buku kebudayaan betawi :
    Bir yang satu ini tidak memabukkan justru sangat menyegarkan. Sebagai pelepas dahaga, minuman khas Betawi ini enak diseruput kala hangat, namun sedap pula diminum dingin beserta es batu. Lalu, mengapa minuman ini disebut bir? Konon, nama bir pletok muncul dari kaum Betawi gedongan yang kerap bergaul dengan orang Belanda. Mereka melihat, ketika minuman berbahan dasar jahe ini dikocok dan dituang ke dalam gelas, muncul busa di bagian atasnya, persis seperti bir yang sering diminum orang-orang Belanda. Bisa jadi, dari sinilah nama bir itu muncul. Terus pletoknya di mana? Nama pletok ditambahkan setelah mendengar bunyi es batu yang beradu dengan tungku. Bir pletok dimasukkan ke tungku yang dikasih batu es. Dikocok. Bunyi deh, pletak… pletok… Dan ketika dituang ke dalam gelas, berbusa pula, mirip bir. Jadilah bir pletok.🙂

  2. Salah satu keunikan di Indonesia. Tak ada rotan, akarpun jadi, begitu kira2 slogannya. hahaha. tapi apa iya ini tidak memabukan? coba minum yg banyak pak. di test gicuuuuuu

  3. Saya sudah sering dengar in yang namanya ”Bir Pletok” tapi belum pernah nyobain karena faktor kata2 ”Bir” yang berkonotasi haram buat ummat Islam. Karena ini minuman khas betawi bisakah nama ”Bir” ini diganti dengan sebutan yang berbau ”Halal” umpamanya dengan nama ”SARI Pletok” atau apa saja asalkan bukan Bir, yang intinya sama, semoga berkenan.
    .
    Salam
    BBS.

    • lha? misalnya nih mas, kita ganti namanya jadi SARI Pletok. kalau nama “Bir Pletok” di tm sama malaysia gimana? hehehe..

      lagian kalo SARI pletok jadi kaya “gelar” orang.😀

    • Pak Budi .. Yang bikin juga Haji dan Hajjah asli betawi tuh … aku juga dulu nggak mau coba karena nggak suka bir .. pas diceritain nggak ada hubungannya dengan alkohol jadi mau coba … soal nama ya kuserahkan pada para pembuatnya deh …

      Shige … iya juga

  4. nggak memabukkan ya, kang?
    ah, siapa bilang? saya bisa bikin minuman ini memabukkan… minum aja bir pletok ini sambil ngiterin puun kelapa 100 putaran. dijamin mabuk. hahaha..

  5. kalau ijin prinsipnya memang boleh diminum, tentu tak salah kalau suatu waktu ikut nyoba, masalahnya disini tak ada yg jual nih Pak…
    apalagi katanya rasanya mirip wedang jahe dan menyegarkan, sebagai penggemar stmj tentu saya tertarik.

  6. pernah lihat bir ini di salah satu acara TV, namun belum tahu kayak apa rasanya, sepertinya seger2 gitu ya Pak Iksa, karena bahan pembuatan jahenya ya…………..
    Salam.

  7. Alhamdulillah Om, saya sudah nyobain ”Bir Pletok” bikinan kakak saya sendiri pas lebaran Haji kemarin dan rasanya ya sama seperti yang teman2 ceritakan diatas. Soal nama, yaaah karena memang sudah beken nya gitu mau bilang apa lagi. Yang utama adalah memberi pengertian buat yang belum nyoba bir pletok ini halal buatan Haji and Hajjah heee heee.
    .
    salam pletok ah.
    BBS

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s