Perjalanan

Shanghai: Hari ke-1, orientasi wilayah

2009 Oktober 13…

BANGUN…
Aduh, gara-gara kecapean sebelum dan selama diperjalanan kemarin maka hari ini bangun-bangun sudah jam 9.30 waktu Shanghai.., alias 8.30 wib (rasanya kok masih gelap dan dingin banget ya .. Taunya ya memang tirainya model nggak tembus cahaya)… Parah banget deh … Emang nggak bakat ikutan tur kalo model begini…
Perkara dinginnya sih tak terhindarkan rupanya, lagi-lagi masih linglung.. Coba-coba buka pintu rumah.. Waduh ternyata jauh lebih dingin lagi wuih…., gaktaunya didalam rumah sudah disetel 25°C di pemanas.. dan suhu luar adalah 18°C.., sebagai orang Jakarta yang nggak pernah kena dingin ya kedinginan deh … Ini karena tinggalnya ditempat yang jauh dari pusat kota…di kota sana bisa 21°C suhunya..(he he tetep dingin ya…).
Dampak pertama dari dingin ini ya sudah pasti adalah ‘saltum’ alias salah kostum.., karena bawanya banyak baju kaos dan kemeja tipis buat jalan-jalan… Haaa musti cari jaket nih, tapi sementara ya pinjam iparku dulu deh…
Lihat-lihat sekitar rumah, hm rupanya disini gang buntu ..okay deh sepi.., pas dibelakang rumah ada seperti aliran air kecil (selebar 1 meteran) mirip sungai … Ternyata memang ada danau(-danauan) diperumahan sini ..sempet-sempetnya mereka buatnya..

MAKAN SIANG
Karena belum ada bahan makanan dikulkas, jadi siang itu pergi belanja dan sekalian makan siang dulu …
Keluar rumah tidak jauh sudah masuk highway, dan seperti semalam.., masuk keluar highway satu ke yang lain lagi ..tau-tau sudah sampai di depan pertokoan yang ada Carrefour he he he.. Masuk dan karena belum waktunya mungkin.. Pas ditanya adik, mau makanan lokal atau yang internasional? Ya pasti jawabnya .., yang lokal dong.., eh pas jalan ke food courtnya masih tutup…hm belum jodoh ya… Pindahlah kami ke gedung sebelah cari makannya… Masuk ke resto yang namanya Hu Yue Garden ..katanya makanan vietnam dan thai ..pesen pho (alias mie vietnam), datangnya dengan ukuran mangkok yang gede banget (diameter ada 30cm kayaknya) dan isinya penuh mie putih dan berbagai daging, bakso, dan babat.. juga dilengkapi dengan toge, cabe, daun kemangi (?) dan irisan lemon yang terpisah.. sedap sekali rasanya.. Segar dan gurih …. Ada juga ayam goreng garing, yang ternya cukup enak … Siaocie yang melayani banyak senyum dan manggut-manggut saja ..okaylah…

MASUK C4
Selesai makan masuk ke C4 wah besar banget..jauh lebih besar dari di jakarta nampaknya … Cari jaket, banyak yang bagus tapi sayang nggak ada yang murah …baju dan sepatu disini cepat ganti model karena ada 4 musim…
Abis itu liat-liat sepeda, wah tak terlalu mahal rupanya disini..sekitar RMB1000 sudah bagus..(itu sekitar 1,4jt), kalau sepeda listrik yg model skuter lucu2 harganya paling mahal RMB3rb alias 4jutaan…
Liat buah2an nampaknya sih lumayan murah ya, baik lokal maupun impor…yang pasti macam-macam sayurnya tersedia..kangkung s/d cabe ijo sebesar wortel dan bawang merah sebola tenis..
Ikan, udang dan kepiting hidup, kura-kura dan bulus juga dijual untuk disantap.. Belum lagi segala macam bumbu kering dsb.. Hm rame deh ..cuma orang sini rupanya main sodok saja kalau mau liat sesuatu meskipun kita sudah ada didepan barang yang mau dilihat dia lebih dulu..huh gitu amat seeh…

TOILET
Adik sudah berpesan, kalau bisa tuntaskan urusan pertoiletan dirumah…diluar maksimal buat kencing saja.. Pas ditoilet ternyata memang benar jorok sekali mereka ..jauh lebih jorok dari yg diterminal atau pasar di jakarta… Hahhh bete banget liatnya.. Masa sih abis b.a.b. Gak disiram huaduh engkoh dan encik mbok belajar bersih ke Indonesia ….(urusan ini menang jauh deh kita!!!). He he C4 yang ini masih banyak orang bulenya lho gimana yg lokal semua ….

DECATHLON
Ini toko alat olahraga yang gede banget, mulai dari sepeda, naik gunung, tenis, futsal, bola, badminton..mancing dsb… Sempat ada sarung lengan yang memang dicari-cari di jakarta, eh ukurannya masih kekecilan juga .. He he nasib deh..

JALANAN
Memang luarbiasa jalanan disini, highway minimal 4 lajur (buat passenger, light, heavy dan light-heavy vehicles) dan mulus2, toh masih banyak bagian yang sedang dibangun…. Belum lagi jalan lingkungannya… Cuma memang perlu hati-hati disini karena pengemudinya rada sangar dalam berkendara…. Juga jarang keliatan ada pom bensin ditepi jalan…katanya sih memang ditaruhnya jauh dari pemukiman…

SEPEDA & MOTOR LISTRIK
Jarang sekali lihat orang naik sepeda motor disini, kebanyakan ya pake sepeda atau scooter listrik makanya murah kali ya… Sepeda motor biasa yang keliatan rata-rata jadul banget .. mungkin karena jauh dari kota ya daerah ini?

INTERNET
Memang negara sepert ini gak enaknya ya jalur komunikasi internetnya ribet …. Tadi sempat coba.. Memang fesbuk, twitter dan blog pada dicekal semua… Meskipun akhirnya beberapa blog bisa dibuka via ctunnel ..he he..sayang pas malam ini mau internetan kok gagal melulu ya…

Huah musti tidur kali ya… Apalagi tadi masih sempat sepedaan dan main pukul-pukul bola di lapangan tenis..haiiiya…

Iksa Menajang

Standar

13 thoughts on “Shanghai: Hari ke-1, orientasi wilayah

  1. orientasi wilayah di hari pertama blm sempat tau tempat makan yg enak ya mas…
    selamat menikmati perjalannya mas, saya selalu menunggu liputan kulinernya😀

  2. duh..gak dapet podium.
    om Iksa,foto2nya gak ada,garing euy (punten,he3x..)
    jangan lupa oleh2nya ya?
    semoga sampai ke Indonesia dengan selamat..

    salam,

    girifumi

  3. kaneadventure berkata:

    wah pak Iksa ke shanghai.
    ditunggu foto2 makanannya ya Pak.
    Semoga baik2 saja selama di sana.
    oh ya ada es shanghai gak di sana? bwahahahaha

  4. Salam Takzim
    Rencana mau makan malam di sini eh yang punya lagi di shanghai, tolong kiriman pak iksa masakan khas shanghai yang terfavorit pak, terima kasih
    Slam Takzim Batavusqu

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s