Perjalanan

Shanghai: hari ke-2 .. SWFC Observatory

Pada hari ke-2 di Shanghai, sudah lebih segar karena cukup istirahat… he he he artinya sudah siap memulai perjalanan sebagai turis … Tujuan pertama hari ini masih disekitar area Pudong dulu .. tapi sudah dekat dengan Puxie .. yakni Shanghai World Financial Tower alias SWFC. Saat ini merupakan gedung tertinggi di Shanghai (487m sampai atap tertingginya dan 474m dilantai tertinggi)…. beberapa tahun lagi akan ada yang lebh tinggi lagi, sedang dibangun Shanghai Tower…..

Perjalanan kesini bisa ditempuh dengan berbagai cara… dengan subway, bus, ataupun taxi … kalau taxi atau mobi bisa langsung turun digerbang observatory, disini masuk gedung seperti di Jakarta, melalui pemeriksaan dulu dan langsung diarahkan ke loket-loket karcis.. boleh pilih mau ke lantai 94 saja, lantai 94 dan 97, atau lantai 94, 97 dan 100 dengan biaya RMB 100, RMB 110 dan RMB 150 (alias Rp 140-220 ribuan)… ya sudah disini masa cuma sampai ke lantai 94 … harus ke lantai 100 dong ..

Sebelum naik mampir dulu ditoilet .. he he disini bersih banget .. ya gedung mewah dan mahal bayarnya pula masa sih mau jorok … sesudah itu kembali masuk ke antrian orang mau masuk. Untung pas kita berkunjung antrian nggak terlalu panjang.. kalau lagi ramai bisa panjang banget lho … Pertunjukan pertama adalah pre-show, alias penjelasan singkat apa yang bisa kita lihat di SWFC Observatory ini …. seusai ini dilanjutkan dengan masuk lift yang langsung menuju lantai 97 … wah deg-degan juga nih dilift ini, yang ditunjukin bukannya angka lantai tapi sudah berapa meter kita naik … hu hu lantai 97 itu 425m …

SKY WALK 97
Dilantai 97 ini kita mulai bisa melihat seluruh bagian Shanghai sampai jauh sekali .. lumayan serem juga sih karena baru mulai sampai dan rada ngeri berdiri deket kacanya … he he padahal sudah jutaan orang yang sampai disini deh … liat-liat dan foto-foto dulu sebentar. Hm cuma aneh juga, kok gini aja sih atraksi disini… oh ternyata seharusnya ada waktu tertentu dimana atap kacanya bisa terbuka .. baru tahu setelah sampai dibawah … masa mau naik lagi sich … curang deh …

SKY WALK 100
Selanjutnya dari lantai 97 kita naik eskalator ke lantai 100, dengan ketinggian 474m. He he gak kerasa jauh juga naiknya ya … dan sampai disini lebih seru lagi pemandangannya.. karena kalau dilantai 97 atapnya dari kaca maka di lantai 100 ini sebagian lantainya terbuat dari kaca… ha ha secara refleks jadi takut mau nginjak bagian kacanya itu, padahal kan gak apa-apa juga …he he he namanya juga enggak sehari-hari disana … Wah orang yang dilantai 97 bisa kelihatan (kecil-kecil) dari atas sini … Pemandangannya memang sangat lar biasa, melihat bagian Puxie yang padat gedung-gedung tinggi sampai jauh sekali … melihat lalu-lalang kapal di sepanjang sungai Huangpu … juga melihat pembangunan di Pudong dengan gedung beratap merah, biru, hijau pada blok-blok disana sehingga terlihat indah … Mau bule, cina, korea, jepang ataupun indonesia .. semua sibuk foto dengan aneka gaya .. yang tidak bawa kamera disini ada area buat berfoto dengan bayar RMB50 foto pertama dan RMB30 setiap tambahannya .. nanti dikasih cetakan foto dan map khusus .. berhubung da kamera ya sayang juga mau foto bayar … he he he .. puas foto-foto disini kita siap menuju ke lantai 94 .. he he tidak lupa foto lagi di jalan keluarnya … sayang mau cepat-cepat turun, mahal bayarnya sih…. kalau betah ya nongkrong saja sampai malam boleh kok .. dia tutup jam 10 malam…

SKY ARENA 94
Sehari-hari arena ini digunakan untuk berjualan aneka souvenir buat para pengunjung, juga ada kafe kecil buat yang haus dan lapar .. atau sekedar mau duduk-duduk saja tidak dilarang … namanya oleh-oleh dimpat ketinggian gini ya pasti mahal deh… selain oleh-oleh SWFC ternyata sudah mulai disediakan souvenir untuk Shanghai Expo 2010 … Nah tempat ini juga bisa disewa untuk berbagai event .. mungkin ada yang mau peluncuran buku, album atau nikah disini.. silahkan saja … Sudah selesai menghilangkan lelah, dan ngintip kekeran yang bayar RMB1 setiap menit … hu hu seru juga bisa lihat gedung-gedung dibawah dengan close-up … kita pun siap-siap turun kembali .. ini setelah beberapa jam menghabiskan waktu di 3 lantai ini … katanya sih kalau malam lain lagi serunya karena pemandangannya adalah aneka warna lampu-lampu gedung sejauh mata memandang…

DIBAWAH
Kembali turun dengan lift yang bisa membuat telinga terasa sakit karena perubahan ketinggian dengan cepat… dan sampai dibawah ternyata dilewatkan daerah pertokoan dan restoran-restoran yang membuat perut terasa lapar … he he rombongan turis kali ini melewatkan dulu rombongan restoran ini, karena sebagian besar ya international chain yang ada dimana-mana kok .. meskipun penampilan dan baunya sangat mengundang .. ha ha ha ha .. kejar tayang nih … keluar dari gedung kita cari-cari beberapa spot ntuk berfoto dengan gedung SWFC ini dan sekitarnya …. he he he kan turis dari Indonesia .. (ah turis lain juga begitu kok…).. yang paling menarik adalah Global Magnet berupa patung berbentuk magnet tapal kuda … dengan keterangan untuk menarik turis dari seluruh penjuru dunia ke SWFC … he he he saya sudah tersedot tuh …

Standar

6 thoughts on “Shanghai: hari ke-2 .. SWFC Observatory

  1. Salam Takzim
    Izin ketiggggggggggggaaax ya pak Iksa,
    Manstabb dah pak Iksa melaju dengan pasti demi amanah keluarga dan para blogger Indonesia untuk menebar budaya diri dinegeri tetangga.
    Laporan sudah saya nikmati bersama makanan yang dihidangkan
    Salam Takzim Batavusqu

  2. wow….bener2 hebatttt…..jadi pengin keSanghai..

    palagi ke lantai kaca itu pasti aseek…hehehe saya pernah nyoba di CN tower Toronto….wuihhhh aseek banget

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s