Tenda/Warung

RM Betawi Ibu Khadijah: Soto, uduk, ikan mas & empal

(Cerita kuliner di Jakarta lagi ya … udah lama nggak makan yang begini ha ha ha….. Maaf lupa bawa kamera, jadi fotonya cuma pakai kamera HP 1.3MP saja jadi kurang jelas)

Kemarin dulu pagi karena urusan kerja terpaksa saya berangkat pagi dari rumah menuju Kemang, tanpa sempat sarapan. Selesai urusan segera menuju ke arah PN Jaksel di Ampera Raya dalam keadaan sangat lapar. Sudah di Ampera, lewat dari belokan Pejaten Barat sebelum Arsip Nasional RI, terbaca tulisan RM Betawi Ibu Khadijah disebuah rumah makan kecil… (seberang Lembur Kuring – Bibet) Ah ini dia solusi untuk rasa lapar saya, segeralah saya berhenti dan parkir. Memang setiap kesempatan bisa untuk kegiatan kuliner he he he.

spanduk

Begitu Ibu pengelola keluar rumah, saya langsung pesan Soto (Betawi) Daging, ada pilihan Ayam juga sih, dan nasi ditambah teh manis hangat. Soto datang dengan ditaburi emping diatas, potongan tomat dan ditemani sambelnya terpisah. Kuahnya masih mengepulkan uap panas yang wanginya meningkatkan tingkat lapar saya. soto saja Hm begitu mengambil sesendok kuahnya yang berwarna kecoklatan berminyak indah sekali, wah mantap nih kekentalannya. Apalagi setelah dicecapkan ke lidah, ah memang terasa pas sekali campuran gurih kaldu daging yang kental, dan rasa asam segar yang menyertainya. Sendokan kedua mengambil dagingnya dan dicampur nasi.. Wah dagingnya cukup empuk namun masih terasa nikmatnya setiap serat dagingnya. Ah ternyata ini soto betawi yang nikmat sekali, apalgi setelah ditambahkan sambel secukupnya saja.. Tak terasa suap demi suap masuk mulut dan tandaslah soto semangkuk (yang isinya cukup banyak – daging saja) dan nasi sepiring.

sotodannasi

Nampaknya lapar belum hilang, maka menghadap Ibu kembali dan minta nasi uduk dengan lauk empal dan ikan mas goreng (ada pepes dan pesmol juga – pecak tak nampak pagi ini). Setelah dipanaskan lauknya, siaplah tersaji dihadapan saya ikan mas goreng yang aromanya sudah sangat menggoda. Segeralah daun-daun kemangi saya pisahkan dari batangnya dan dicampurkan dalam nasi uduknya… uduk Nasi uduknya sendiri dihidang cukup melimpah dipiring makan dengan taburan bawang gorengnya. Tak lupa sambel kacang yang tampil sangat menarik di wadahnya, untuk kita ambil sesuai keperluan. Suapan pertama adalah nasi uduk + kemangi, ditemani ikan mas goreng dan sambel … Ah ini juga tak kalah nikmat…! Disambung dengan empal, yang meskipun tidak terlalu besar tapi empuk dan enak dimakan. Maka akibatnya tak terasa segera ludes juga hidangan kedua ini, ikan mas hanya tersisa tulang tengahnya saja.. Kepalanyapun habis karena garing dan memang enak disantapnya. Ah ah ah, cukuplah jangan tambah lagi meskipun rasanya masih mau mencicipi masakan lainnya….

ikan dan empal

komplit

Karena RM ini buka jam 6.30 maka cukup memadai untuk rekan2 yang berangkat pagi belum sarapan, bisa makan ditempat atau bungkus. Sebelum sore RM ini sudah tutup. Jadi yang akan memasukkan RM ini dalam jadwal wisata kuliner agar memperhatikan jam buka dan tutupnya.

Total kerusakan 42 ribu rupiah (saya 1 soto+nasi biasa, 1 nasi uduk+ikan mas goreng+empal, 2 teh manis panas; teman 1 sop iga+nasi) ..sop dan soto@13rb.

etalase
RM BETAWI Ibu Khadijah
Jl Ampera Raya – sebelah Arsip Nasional RI
Buka: 06.30 s/d habis (biasanya setelah makan siang)

Standar

16 thoughts on “RM Betawi Ibu Khadijah: Soto, uduk, ikan mas & empal

  1. weh…dah pulang om…, belum siap buat jalan2 blog lagi yaak… ditunggu..^^
    wkwkwkkk…kek gempa ajah, kalo ini yg rusak mah dompetnya…he..he..

    • Wah betul sekali Bunda, sambelnya mantap …. masih mau cobain masakan lain nanti kalau sempat mampir lagi. Padahal sih dekat rumah Ibuku, cuma kan jarang pagi/siang kesananya.

    • Boleh dicoba Om NH sayang cuma sampai siang saja dia jualannya ….

      He he masih ngejar ketinggalan setoran akhir tahun nih buat bekal tahun depan ….

      • fatma berkata:

        halo mas iksa,

        salam kenal saya fatma, putri dari ibu khadijah sendiri. terima kasih atas tulisannya.

        salam hangat dari ibuku juga, ditunggu kembali kehadirannya disini….ajak teman2nya yg banyak yah….

  2. Ping-balik: Minyak Samin ada dalam makanan-makanan enak! « Makan Lagi – Lagi Makan

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s