Restaurant

SKM HABIB : enak sekali !!!!

Sebetulnya sudah beberapa kali saya mencoba sate (jenis Pekalongan) yang disajikan oleh SKM "HABIB" yang berlokasi di Kampung Melayu Besar ini, namun demikian kesan yang saya peroleh saat menyantapnya kemarin kok sangat berbeda ya … Ini sedikit kisah tentang Sate Habib nan lezat …

Sate HABIB

Sedikit berbeda dengan kunjungan-kunjungan sebelumnya yang umumnya bersama teman-teman kuliner malam hari di kantor dan dalam keadaan lapar, saat melewati Sate Kambing Muda "Habib" kemarin malam sebetulnya dalam keadaan tidak lapar bahkan cukup kenyang akibat makan kue-kue Manado setelah kumpul-kumpul dengan saudara sekampung. Cuma karena belum makan nasi (he he alasan yang bagus kan…), apalagi terakhir makan disana adalah sebelum puasa lalu berhubung mereka tutup selama bulan puasa sampai (hampir) sebulan sesudahnya, nah penasaran kan untuk mencoba lagi satenya. Ini sop di HABIB kalau masih lengkap (bukan foto kuah sop kemarin)

Untung saat sampai disana meskipun sudah jam 8 malam tapi masih ada satenya meski kurang dari 100 tusuk (sate kambing muda yang masih mentah) berdiri bergerombol di showcasenya, sop sudah habis hanya sisa kuah belaka. Jadilah pesanan saya malam ini hanya sate kambing 10 plus nasi putih plus air jeruk hangat dengan bonus kuah Sop. Karena sepi jadi yang dibakarkan hanya pesanan saya, jadi relatif cepat keluar semua pesanan diatas.

Sate HABIB ... mantap sekali

Mulailah proses makan dengan menyantap kuah sopnya yang penuh dengan bawang goreng terlebih dahulu, hm nikmat meskipun rasanya agak asin – mungkin karena sudah mau habis jadi lebih asin, apalagi tidak ada daging dan isi lainnya. Sampai pada mencoba tusuk sate pertama, dimulai dengan pencampuran setusuk sate, dengan kecap, irisan bawang merah, dan cabe rawit supaya seru. Nah saat mulai mengunyah tusuk pertama saya agak tersentak, lho kok ini empuk banget dagingnya dan enak… saya coba ingat-ingat lagi hm ini persis sekali dengan kesan saya pertama kali makan disana (cuma saat itu fokus ke santapan lainnya bukan ke satenya, makanya setelah itu suka kembali kesana untuk satenya). Bukan ini lho yang bikin gak fokus ke sate HABIB dulu Untuk mengkonfirmasi segeralah saya siapkan tusuk kedua dan ketiga untuk disantap, dan ah ternyata benar empuk sekali dagingnya, dan yang pasti sangat juicy dan nampaknya ini yang menimbulkan rasa lezat. (Lezat seperti apa ya… yang pasti rasa daging kambing yang begitu manis padahal tidak dimarinate dan hanya dibakar secukupnya saja). He he padahal mereka hanya menghidangkan dagingnya saja sebagai sate, lemak kesukaanku hanya nampak samar-samar menempel di sisa sayatan bukan sebagai peserta tusuk.

Aduh tak terasa sudah sampai di tusuk ke-5 menikmati sate ini, segera dilakukan penilaian kehendak dan kondisi perut, kalau mengikuti keinginan mau tambah 10 tusuk lagi tapi takut kekenyangan banget .. jadi segera pesan tambah 5 tusuk saja mumpung enak. Sisa lima tusuk yang masih ada disantap perlahan-lahan sambil dinikmati, enak masih tetap sama tapi semakin lama terasa ada yang mengganjal… apa ya? Ternyata Sate, tomat, bawang dan cabe rawitmenurut lidah saya kurang mantap nih rasa kecapnya kalau terlalu banyak ditaruh di sate (maklum lagi makan pelan-pelan). He he untung segera datang tambahan 5 tusuk sate yang belum terkecapi, dan ternyata memang daging bakarnya enak sekali tanpa dikecapi sekalipun. Jadi kelima tusuk sate yang belakangan datang ini disantap langsung tanpa mandi kecap dan memberikan sensasi nikmat yang luar biasa …. silahkan membayangkan betap nikmatnya menyantap daging kambing bakar yang begitu lembut dan setiap digigit terasa sangat manis oleh cairan yang keluar dari daging bukan oleh kecap atau bumbu lain …

Untuk yang sering melewati rute Casablanca ke arah Lapangan Ros, Kampung Melayu, Jatinegara, dst., ini salah satu tempat kuliner yang direkomendasikan untuk dicoba. Apalagi bagi penggemar sate, untuk menambah pengalaman. Yang naik busway bisa dari terminal Kampung Melayu, jalan ke arah Bukit Duri sekitar 200 meter disebelah kanan (antara fly over bukit duri dan fly over kampung melayu).

Sop Kambingnya

Sate Kambing Muda "HABIB"

Jl. KH Abdullah Syafei No 12 – Jakarta Selatan

Tlp 021 8352255/93028820

Buka : Setiap Hari 10 – 21 (kecuali Idul Firtri libur 2 bln, Idul Adha libur 4 hari)

Harga: Sate Kambing 18rb, nasi 3rb, air jeruk 5rb

Standar

8 thoughts on “SKM HABIB : enak sekali !!!!

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s