Tenda/Warung

Es Tebak di Nasi Kapau Sabana Bana .. (gulai ikan mas + dendeng basah)

Mungkin kawan-kawan ingat bahwa sebelumnya saya pernah tulis sekilas juga tentang Es Tebak ini, yang dimakan di RM Bukit Tinggi dalam rangka kuliner Buswaynya Jalansutra. Nah pengalaman hari ini menambah sedikit pengetahuan saya mengenai Es Tebak ini ….

kedai nasi kapau sabana bana (dari tempat duduk dekat kompor)

Nah begini ceritanya …

Malam hari ini sebetulnya niatnya mau makan mie belitung dan bakso ikan yang enak banget di Gunung Sahari. Tapi sampai tengah jalan kok nampaknya langit kurang bersahabat, alias gelap dan banyak kilat .. wah gejala mau hujan deras nih. Tapi karena sudah kepalang sampai di Kebon Sirih, niat makan dipersingkat saja menuju ke Kramat/Pasar Senen tempat nasi kapau.

kedainya Disini juga banyak pilihan kedai nasi kapau untuk disinggahi, tapi sekali lagi malam ini pilihan ada pada kedai Sabana Bana (yang lokasinya nomor dua dari awal, pas sebelum panti asuhan).  Kenapa saya pilih disini, karena lagi banyak motor parkir didepannya jadi gampang ikut parkirnya… kalau di tempat lain terutama tempat si Uni penuh mobil semua …. Tapi memang enak kok tempat yang satu ini (he he he … yang lain juga enak lah …)

Kali ini tetap saya makannya nasi kapau plus daun singkong dan cabe ijo dengan lauk dendeng basah dan sambel merahnya … pas liat-liat nampak gulai ikan mas menawan hati, jadi saya pun pesan kepalanya sebagai teman dendeng … (sebetulnya mau makan otaknya sih tapi kan baru makan durian kemari … he he he kontrol sedikit saja deh …). Apalagi ternyata gulai ini sedang dipanaskan jadi lebih seru lagi makannya….Menu: gulai kepala ikan mas + dendeng basah

Saking penuhnya terpaksa saya makan didepan sepasang muda-mudi yang baru asik makan, itu untungnya kalau sendirian –gampang nyelipnya. Sebelum mulai makan dikeluarkan lah kamera dan mulai prosesi potret makanan dengan berbagai pose, eh dibelakang nampak deretan toples berisi aneka warna .. yang cukup menggoda .. hijau, putih, jambon dan hitam …. Mau foto gulai kepala kakap yang dimakan pasangan didepan kok ya gak sopan .. he he ya gak jadilah …makanan saya saja masih cukup mantap untuk difoto…

Gulai kepala ikan mas bagian paling enak ....

Mulai dengan mengicipi ikan mas, nah secuil dagingnya saya comot dan kuahnya juga ditaburkan kenasi putih … hm dagingnya lunak (lha ikan mas ya pasti lembut dong !!) dan sangat manis terasa lemak ikannya … aduh enak sekali … belum lagi setelah ditambah suapan nasi yang berkuah gulai .. aduh betapa nikmatnya …. Nah setelah mencicipi nikmatnya gulai ini, saya berhenti dulu menyantapnya dan mengalihkan perhatian pada dendeng basah dengan cabe merahnya … ah secabik dendeng dengan cabe sudah saya campurkan dengan nasi segera disuapkan …  Aduh ini juga nikmat sekali, serat daging yang tidak keras tetapi masih terasa bahwa ini adalah daging sapi dicampur dengan pedas yang segar dari sambel merah … Aduh … dua-duanya enak nih, perhatian segera dialihkan ke daun singkong rebus dengan  sambel ijonya … Aduh kombinasi ini dengan nasi juga mantap …

Dendeng nan lezatNasi, dendeng, sayur singkong aneka warna di nasi

Ah .. ah ah kalau sudah begini makanpun jadi lahap sekali dan sangat nikmat, karena apapun yang disantap enak .. dan tak terasa tambah nasi dengan daun singkong dan cabe ijo. Dua piring nasi plus dendeng segera habis, dengan menyisakan separuh kepala ikan mas … Segeralah saya menggado kepala ikan mas yang tersisa … aduh bagian ini enak sekali, memisahkan tulang dengan bagian yang dapat dimakan menggunakan lidah yang sambil menikmati pula paduan berbagai rasanya … ah ah ini semua ditutup dengan menghabiskan mata dan otak ikan dengan cara disedot. Hm mantap sekali ……

aneka warna bahan es Tebak dan agar

Sudah selesai makanan utama, sambil menunjuk stoples aneka warna saya bertanya pada si uni yang jaga. “Kalau ini untuk apa?” Jawabnya “Oh itu untuk Es Campur,.. khas kami ya Es Tebak ….” Wah saya segera pesan lah satu Es Tebak …  Sambil dipersiapkan saya tanya lagi “Kalau yang putih-putih itu apa?” … dijawab pula “Ini yang namanya Tebak, dibuatnya dari tepung beras!” … hua ha ha rupanya itu asal usul namanya toh … juga menyebutnya bukan tebak seperti ‘tebak-tebakan’ tetapi ‘te-ba’ seperti huruf t…

Tebak .... Tebak oh tebak

Rasanya seperti apa? Namanya juga es campur, ya enak lah rasanya, manis campur-campur gitu … wong isinya macam-macam, diantaranya: tebak (putih), cendol (hijau), agar (jambon), cincau (hitam), alpokat, tape singkong, nangka, santan, susu, gula cair ramuannya …. Sekilas ada rasa seperti cengkeh.. apa dicampurkan digulanya ya …. He he ini dulu ya kisah Es Tebak…

Es tebak sudah hancur bisa disedot enaknya es ini

Nasi Kapau Sabana Bana – Simpang Kramat/Senen (buka sore s/d menjelang subuh) …. Nasi (tambah) + gulai kepala ikan mas + dendeng basah + es tebak … Rp 35 ribu …

Standar

26 thoughts on “Es Tebak di Nasi Kapau Sabana Bana .. (gulai ikan mas + dendeng basah)

    • He he saya aja lapar lagi kalau mengingatnya …
      Iya bener sih, kalau bulan puasa tulisan direlease sesudah jam buka .. cuma kalau diluar itu gak tentu jamnya …

    • hehhhe, ibu Andari itu maniak masakan padang..

      OM Iksa.. Es Tebaknya memukau, ntar siang cari ah..
      om iksa juga harus nyicip Ampiang Dadiah, minuman khas minang semacam yoghurt yang difermentasi di dalam tabung bambu.. klo di jakarta sulit ditemukan kali ya?

      • Ah Bundo…jadi kangen masakan Bundo…pengen donk Es Tebaknya…di Bandung bisa ditemuin dimana nih?

        Meskipun Om Iksa releasenya sesudah jam buka, tapi kalo bacanya jam 12 siang,,sama aja kan?? (Itu sih salah yang baca ya Om…hehehe..)

      • Ha ha ha Bundo kalau aku maniak semua masakan lho … dulu sekali kawanku pernah bawakan juga dari Bukittinggi … kalau di Jakarta belum pernah coba .. nanti saya cari tahu kalau ada pasti dicoba ..

  1. kalau di kramat memang sudah lama ada ya Pak Iksa, sejak saya masih SMP thn 70an gitu, disana kalau sore sudah banyak tenda2 nasi kapau plus es tebak berderet2.
    dan,semuanya mengundang selera……………..
    salam.

  2. Es Tebak itu memang khas Padang …

    Kalau di terjemahkan kedalam menu berbahasa Inggris …
    akan berbunyi … “Guess Ice” ..

    Gimana ??? Keren Kan …???
    hehehe

  3. haduh lagi-lagi ngiler, apalagi kunjungan saya kesini malam pas belum makan. semuanya dari mulai sambal ijo, sambal merah, gulai ikan mas, dendeng, lalap singkongnya suka…es tebak belum nyoba.

  4. Mas Iksaaaaaaaaa..gulai kepala ikan itu kesukaan saya…glex.glexx…duh mbok saya dikirimi tho mas, kok malah di iming-imingi thok.
    Kepala ikan emang sip,enyak..enyak..enyak
    Terima kasih atas kepala ikannya mas
    Salam maknyus dari Surabaya

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s