Tenda/Warung

BANG DUDUNG – Sate & Sop Kambing Khas betawi

Semalam pas mau cari makan kondisi seperti kemarin juga, langit kurang bersahabat nampaknya. Jadi diputuskan untuk tidak jauh-jauh cari makannya, tapi apa dan dimana ya? Waduh bingung kan akibatnya … he he he berhubung sudah cukup lama gak makan sate dan sop kambing jadi diputuskan makan sop dan sate kambing … Cuma kalau makan ditempat yang biasanya kok ya kurang seru ya … ah kalau begitu coba salah satu legenda makanan betawi di kampung melayu deh, apalagi kalau bukan Bang Dudung di Jl Otista pas sesudah terminal kampung melayu.mereknya

Sebetulnya tidak sulit cari tendanya Bang Dudung ini karena dia pasti paling ramai sendiri diantara tempat makan sekitarnya. Lokasinya, kalau dari terminal kampung melayu ke arah cawang dia adanya tepat didepan Toko Timur Jaya, sebelum Bank BTPN (cukup gampangkan untuk kuliner busway). Dan ramai orang makan disana …. Oh iya ini berbeda sekali dengan sop Kaki Kambing Dudung Roxy yang sekarang ada dibanyak tempat (he he ini juga favorit saya untuk jenis sop kaki kambing betawi).

masih mereknya Setelah duduk manis dimuka seorang bapak yang duduk sendiri dan dua orang pemudi yang sedang asik makan, saya segera memesan 1 sop dan 1 porsi sate dan minum teh hangat biasa saja. Sambil menunggu, saya tanya kepada bapak yang duduk dimuka saya “Langganan makan disini ya Pak?”. Dijawab “Ah ya sesekali saja kok ..”.  Saya tanya lagi “Sudah lama ya suka kesini? Kenapa Pak?”. Dijawab lagi “Yah udah lumayan lama juga deh.. soalnya kalau disekitar sini ya memang ini yang paling enak rasanya”. Hu hu mantap deh jadi pilihan saya tidak salah.

Sop kambing betawi sop kambing dari atas

Pertama datanglah sopnya, dan sebagai sop kambing model betawi maka sop ini juga dihidangkan dalam piring kuah, bukan dengan mangkok. Nampaklah semua isinya … dan yang lebih lagi adalah isi dari piringnya wah begitu banyak… Kuah sopnya sendiri berwarna bening, tetapi diatasnya daging dan isi sop lainnya sudah terlihat saos kacang (dan sambel?) yang siap untuk diaduk memberikan citarasa khas sop kambing betawi. Juga nampak banyak bawang goreng, irisan tomat, daun bawang … dan garam! Melihatnya saja sudah ngiler…. apalagi juga nampak jelas daging, tulang muda, tulang iga dan hmm bagian kulit mana ya yang seperti itu??  Satenya datang tak lama kemudian. Dan dari warna dagingnya (yang masih terlihat) nampak bahwa sate dibakar dengan baik, tidak sampai keras atau terlalu matang.  Sama dengan sopnya, sate kambing betawi ini datang dengan saos kacang dan kecap.

sate kambing betawi mantap dagingnya

Nah selesai dengan pengamatan visual, sekarang mulailah dengan penentuannya, apalagi kalau bukan makan!!! Ha ha ha sendok segera diluncurkan kepiring sop, mengicip sebagian kuah bening yang ada dipinggir-pinggir, hm … segera terasa kuah/kaldu kambingnya yang enak …. Cukup disitu saja, karena selanjutnya dilakukan pengadukan terhadap saos kacang dan lain-lainnya … segera mengubah sop yang semula bening menjadi berwarna keruh kecoklatan sesuai dengan saos kacangnya dan kental…. Nah bisa dibayangkan campuran rasa kaldu kambing, saos kacang, irisan tomat, garam, bawang goreng, daun bawang tersebut ….ah beginilah sop kambing betawi … benar-benar paduan rasa yang nikmat. Belum lagi daging kambingnya sangat lembut, bahkan bagian kulitnya pun begitu lembut… Aduh nikmatnya!! Apalagi saat menyantap tulang mudanya … krenyes.. krenyess… Pantaslah Bang Dudung ini begitu ramainya ….

menu ku

Untuk satenya sendiri, saat ini saya menikmatinya sebagai pelengkap dari sop kambing yang ada… Bukan karena satenya tidak enak, kan sudah dibilang tadi bakarannya baik, dan saat dimakanpun dagingnya lunak dan tidak bau … Tetapi lebih karena preferensi yang masih terlalu cenderung ke arah sate model tegal yang lebih polos…. He he lain kali boleh coba minta sate model begini di Bang Dudung … ah ah tapi kan jadinya bukan sate betawi dong …. Tetap saja untuk menghabiskan semua diperlukan tambahan satu piring nasi lagi … (Oh iya… acar nanas ketimunnya juga enak lho, sangat segar).

air jeruk dan teh tawar air jeruk murni

Saat akan habis makan saya lihat orang di meja seberang memesan air jeruk murni, dan pas datang kelihatannya enak… jadi saya pun segera memesan segelas. Jeruk murni tanpa gula datang dengan warna oranye menawan sekali, dan saat meminumnya terasa asam-asam manis nikmat sekali … ha ha penutup yang baik untuk sop yang begitu kental ……. Aku kan kembali lagi kesini pastinya meskipun lumayan juga sih kerusakannya… sop kambing + sate kambing + 2 nasi putih + 1 air jeruk murni total Rp 67 ribu dikeluarkan …

habis semua

(PS: sop dan sate kambing betawi lain yang pernah saya coba adalah Bang Maman di Petamburan, tapi saya rasa Bang Dudung lebih mantap)

Standar

42 thoughts on “BANG DUDUNG – Sate & Sop Kambing Khas betawi

  1. wah..saya belum kebayang rasa sop kambing yang semula bening menjadi berwarna keruh kecoklatan sesuai dengan saos kacangnya dan kental.. selama ini saya merasakan yg benis itu pak..
    *sesekali boleh nyoba tuh🙂

  2. Salam Takzim
    Mengunjungi yang terlupa, karena kesibukan menjawab komentar masuk dan memberi goresan di BW, sehingga saat kesini ada porsi sate dan seposi sup memang makyuss pak apa lagi ada teh hangatnya bisa sampai besok masih berasa masakan Bang Dududng ya
    Salam Takzim Batavusqu

  3. kalau saya suka yang berkuah Bang, antara sate dan sop atau bahkan gule, pasti sate nggak saya pilih. yang pakai kuah dan sambel, ualaaah maknyus maklegender Bang.

    salam.

    • Aduh Om NH, alumni Sosek gak boleh alergi dengan KaDo lho .. itu baik dimakan dan membantu peternak kecil … he he he

      KaDo -> kambing & domba

  4. waduh mas…Iksa…enak banget tampilan satenya yah dan soto kambingnya bikin perut lapar…ini blog yang saya suka memposting masalah makanan,,,kapan-kapan traktir saya yah mas…
    oh ia mas saya mentautkan mas di blog saya untuk menjadi teman/sahabat blog..yah supaya saya bisa mengjungi blog mas kalau saya lagi OL,, salam mas…dari Kalimantan Tengah.

  5. Ping-balik: Minyak Samin ada dalam makanan-makanan enak! « Makan Lagi – Lagi Makan

Mari berkomentar

