Uncategorized

Puji Tuhan !!! saya tetap sehat seminggu ini ….

Masih ingat dengan artikel saya yang ini minggu lalu :

Saya sedang menunggu hasil eksperimen!

Nah sekarang sudah lewat seminggu dari saat saya makan durian, dan sempat deg-degan juga dihari pertama … aduh kalau sampai kambuh itu serangan asam urat alias gout bakal tersiksa selama paling tidak satu minggu setelah puncak serangan dan itu berarti sangat terganggunya kehidupan selama terkena serangan. Bayangkan kalau satu minggu tidak bisa ngapa-ngapain dan cuma menahan sakit di kaki .. enggak enak kan.

coto makassar nan lezat ... asam urat?

Apa sih yang menyebabkan serangan asam urat? Nah kata Wiki, awalnya adalah meningkatnya kadar Asam Urat (Uric Acid) dalam darah yang mengkristal dan tertimbun di sendi-sendi tulang, otot/ tendon, dan jaringan sekitarnya. Akibatnya terjadi peradangan akut pada sendi yang nampak bengkak, berwarna merah, dan tidak bisa disentuh. Untuk detail mengenai ini bisa dibaca di Wiki.

sehabis makan dua porsi sate kambing brebes

Nah saya akan deskripsikan kira-kira seperti apa gejala sebelum timbulnya serangan hebat asam urat yang saya alami selama ini, semoga kawan-kawan bisa waspada (mungkin tidak harus urut, tetapi akan meliputi hal-hal berikut … semuanya pengamatan gejala fisik tanpa periksa laboratorium..):

  1. Meningkatnya kandungan asam urat biasanya dimulai ditandai dengan keluarnya mineral (asam urat?) melalui keringat. Jadi bila menggunakan pakaian berwarna dan berkeringat, saat kering akan terlihat endapan-endapan mineral putih pada pakaian… ini biasanya 1-2 minggu sebelumnya
  2. Pada saat buang air kecil terus menerus berwarna kuning (he he he in sebetulnya gejala kurang minum..) .. ini tidak terlalu jelas tetapi malah indikator utama untuk pengamanan, jadi harus dijaga tetap bening
  3. Pada sendi-sendi terasa peningkatan endapan yang ditandai dengan kekakuan sendi yang meningkat, mungkin karena pergerakannya mulai dihambat oleh asam urat itu sendiri. Biasanya endapan asam urat disendi disebut tofi. … ini juga sekitar 3-4 hari sebelumnya.
  4. Bila sudah lebih parah kadang-kadang terasa geli dibeberapa bagian tubuh, seolah-olah ada yang bergerak didalamnya .. (apa ini si kristal yang masih sangat mungil sedang berjalan-jalan?) … ini sekitar 3-4 hari sebelumnya.
  5. Karena serangan asam urat saya selama ini di sendi kaki, biasanya menjelang terjadinya (1-2 hari sebelumnya) akan terlihat pembengkakan kaki … saya biasa sebut ke istri saya ‘wah kakinya sudah kaya cumi nih’ karena jadi montok kayak gulai cumi di Rumah Makan Minang … berarti telah terjadi awal dari peradangan…
  6. Terjadi serangan awal dengan adanya kedutan-kedutan nyeri di persendian kaki, yang lama-kelamaan akan makin nyeri … kadang juga mulai nampak titik merah kecil di lokasi sendi .. kalau ini maksimal 1 hari sebelumnya
  7. Kalau tidak tertangani dengan benar maka serangan akan semakin hebat dimana pembengkakan maksimal, warna merah meluas pada kaki, kaki tidak bisa digerakkan, tidak bisa disentuh (bahkan tidak bisa tertiup angin karena nyeri yang luar biasa). Biasanya saat begini pergerakan terbatas sekali .. untuk ke kamar kecil saja sudah perjuangan luar biasa…

ikan di cibiuk .. menenangkan dan menyenangkan

Bagaimana dengan pengalaman saya selama minggu yang berlalu setelah makan dua buah durian (dan berakibat ancaman istri “nah cari penyakit sendiri nih … kalau kambuh nggak saya urusin lho!”):

  1. Hari pertama deg-degan dan berpikir apa sebaiknya saya minum obat buat menurunkan kadar asam urat ya? (Oh iya, saya belum kasih tahu, bahwa selama ini saya memutuskan untuk tidak mau minum obat penurun kadar asam urat dalam darah -allopurinol ataupun ziloric- ). Ah keputusan adalah untuk tetap tidak minum obat dan hidup normal.
  2. Hidup normal berarti makan juga seperti biasa, tetap makan sate kambing, sop dan berbagai makanan berat lainnya…
  3. Hari ke-dua terasa sedikit lebih kaku dipersendian telapak tangan. Apa ini sekedar sugesti atau apa ya? Maka dari itu kondisi minum saya jaga dengan baik. Oh iya yang saya hitung sebagai minum adalah air putih biasa (teh, kopi, jus, dan sebangsanya tidak termasuk hitungan).
  4. Hari-hari selanjutnya kekakuan tidak meningkat, hanya ada sedikit dan hilang lagi … tergantung konsumsi minum rupanya…
  5. Pengamatan pada baju/kaos juga tidak menunjukkan endapan …Masih makan burger (bersama rekan-rekan) ditambah sumbangan dari kiri kanan dan depan ...

Nah dari hasil pengamatan saya simpulkan bahwa terlalu dibesar-besarkan masalah durian ini … dan berarti saya siap untuk menyantap durian lagi kalau ketemu yang enak ..!!! he he he .. Jadi kawan-kawan juga jangan terintimidasi dengan anjuran negatif tentang buah atau sayur yang menyebabkan asam urat … itu menurut pengalaman saya pribadi lho … saya makan segala jenis sayur baik itu bayam, kangkung, kemangi, singkong, pepaya … dan durian juga aman. aneka sayuran dan sambel

Yang paling penting adalah mempertahankan optimisme dalam menghadapi semuanya, jangan memendam rasa khawatir (apalagi stress), bersyukur dan berbahagia atas apapun yang dimakan … dan percaya bahwa Tuhan menyertai kita yang berusaha baik..

Catatan: durian yang saya makan adalah yang belum beralkohol, karena saya percaya alkohol adalah salah satu pemicu meningkatnya endapan asam urat … berarti duriannya manis bukan durian pahit … itu saja bedanya

Standar

13 thoughts on “Puji Tuhan !!! saya tetap sehat seminggu ini ….

  1. Alhamdulillah, bunda juga tunggu ini postingan, supaya tahu hasil eksperimennya gimana.
    ternyata Pak Iksa sehat2 saja, si gout itu tdk menyerang, senang mendengarnya..:D😀😀
    Yg penting mungkin, boleh saja dimakan asal jangan berlebihan. gitu ya Pak Iksa ?
    salam.

  2. salam Bang Iksa…

    Saya juga makan banyak sayur-sayuran, alhamdulillah tak pernah mengalami gejala asam urat seperti yg banyak diberitakan…. engga tahu kalau nanti pas tua, sekarang selagi muda mending makan lagi makan lagi….😀 apalagi kalau dihadapan ada durian, yuk kita lahap bersama bang….😀

  3. dari tulisan ini saya dapat menangkap pesan yg disampaikan oleh pak iksa, bhw meskpn kita makan enak ttp harus memperhatikan dampak buruk terhadap tubuh kita, salah satunya terkena asam urat.
    **ini baru namanya pe-kuliner sejati🙂

  4. Ping-balik: Durian oh durian … kali ini pancake durian « Makan Lagi – Lagi Makan

Mari berkomentar

