Tenda/Warung

Mencoba makanan AKABRI …

Lho emangnya AKABRI masih ada apa? bukannya sudah berubah jadi Akmil? Hm… kalau AKABRI yang satu ini masih eksis dan akan bertambah terus pastinya … lha ini kan kependekan dari Aliansi Keluarga Asli Brebes RI … pasti tambah banyak toh kecuali pada program KB semua ….interiornya warung AKABRI

Okay … kali ini saya mau kisah sedikit pengalaman kuliner mencoba makanan yang ngakunya produk AKABRI … yakni Sate Kambing Muda (Brebes) … Sebetulnya sudah sering kali saya lewat kedai yang terletak di Jalan Minangkabau ini… apalagi tempatnya unik berupa bangunan dari bambu yang terletak agak tinggi dari jalan (nah mengundang banget kan dia ini..), bertuliskan Sate Kambing Muda. Tapi kok selama ini yang kebayang adalah produk Tegal, hm rupanya top of mind sate kambing muda saya ya dari Tegal itu ..

Ini laporannya …….

Setelah masuk dan melihat detail dipapan kedai … tegas sekali tertulis Brebes … nah setelah hilang rasa kaget kok gak nyimak ya selama ini, malah timbul rasa penasaran untuk mencoba hidangannya. Kalau dilihat dari namanya ya umum-umum saja: sate kambing muda, sate kambing spesial, tongseng, sop dan sebangsanya … Sate kambing muda itu pakai daging, ati dan lemak … sedangkan sate kambing spesial ya hanya daging saja makanya sedikit lebih mahal. Sebagai penggemar sate kambing sudah pasti saya segera pesan sate kambing spesial, dengan minumnya teh poci ….khas tegal

Datang pertama adalah teh poci .. yang dihidang pada poci bertuliskan “oleh-oleh khas Tegal” he he kolaborasi yang cantik dari kabupaten bertetangga … masih sedulur toh .. Saya biarkan saja dulu tehnya agar cukup terlarut dan lebih terasa tehnya .. hm sudah terbayang kan nanti menikmati teh dengan gula batu …pondok sate berkah

Berikutnya datanglah si sate kambing spesial. Pengamatan pertama sebelum diletakkan di meja oleh si Mbak, lho kayaknya dagingnya rada kecil nih potongannya … kalau saya sih sebetulnya lebih rela dipenalti dengan harga yang sedikit lebih asal potongannya memuaskan .. tapi ya gak apa-apa deh, beliaunya menetapkan ini kan pasti ada alasan kuat. Selanjutnya ini yang lebih mengejutkan, lho ternyata saos kecap yang diberikan sudah termasuk cabe merah yang diuleg didalamnya .. (dan bumbu apalagi ya? hayo yang AKABRI membantu jelaskan..). Pantesan irisan cabe rawit, bawang merah dan tomat disaji terpisah di piring kecil. Wah ini model baru …saya tanya sama si Mbak .. ”Apa iya kalau di Brebes kecapnya dikasih cabe uleg begini?” jawabnya mantap “Iya memang begitu pak..” sate kambing spesial mantap dagingnya pake cabe 

Sampailah pada saat mengamati dan mencicip sate model AKABRI ini… Bakarannya nampak cukup baik, daging masih berwarna muda dan kelihatan segar tidak hangus … Mencoba bumbu kecapnya, hmm memang enak ada pedasnya meskipun tidak sangat, kan kalau mau lebih pedas silahkan tambahkan rawit yang tersedia. Cicipan selanjutnya sampai pada daging yang tertusuk alias satenya … ah dagingnya terasa mantap digigit, cukup lunak tetapi terasa tekstur daging kambingnya … rasa dagingnya nyata, tetapi tidak berbau prengus …okay buat saya … Tetapi setelah beberapa tusuk berlalu kok terasa ada yang kurang ya? .. hm ternyata memang betul-betul diberikan daging saja, dan buat saya si pecinta lemak ini rasa yang kurangnya ..kalau untuk rasa daging bakar sudah baik .. tapi kalau tak ada lemak ya bukan sate kambing toh … he he he ini menurut saya lho. toh tidak lama juga segera tandas seporsi sate dan nasi.menggugah selera nihtusuknyabawang brebes, cabe rawit dan tomat Kecapnya luber

Segera bingung karena masih lapar, mau pesan tongseng atau sop yang juga tampil menggoda (hasil ngintip di meja lain)… ah akhirnya saya putuskan mencoba sate kambing muda (dengan ati dan lemak) biar adil uji coba makanan AKABRI ini … Dan memang benar begitu datang pesanan kedua ini wah tampilannya lebih menggoda … satenya lebih berseri-seri karena adanya sepotong kecil lemak yang terselip ditengah-tengah daging. Juga padanan rasa sate daging plus lemak sedikit ini memang sangat prima, haduh begitu tercium aroma lemak yang sedang kepanasan, diikuti berpadunya daging dan lemak dimulut .. he he sampai lupa dengan kekecewaan akibat potongannya yang relatif kecil. Ah mantap deh produk AKABRI…  sate kambing muda nikmat sekali asikk

Akibatnya ya kenyang yang pasti … dan baru tahu bahwa sate kambing model ini ya enak juga …

lagi sate mantap bener aduh apa ini he he he

 

 

 

Sate Kambing Muda (Brebes) – Pondok Sate Berkah,  letaknya di jalan Minangkabau arah dari Saharjo menuju Pasar Rumput/ Manggarai (dari Halte Busway Manggarai sekitar 300m). Cirinya jelas bangunan bambu agak naik ke atas. Sate kambing muda (20rb), sate kambing spesial (23rb), teh poci (5rb), nasi putih (3rb). Buka 9-23.

ludes semua

Standar

14 thoughts on “Mencoba makanan AKABRI …

    • Ah silahkan singgah di penjual sate tegal/brebes terdekat Bunda .. tanyakan saja apa sedia teh poci … ajaklah putra/putri supaya mereka juga merasakan sesuatu kenikmatan khas negeri kita ..

  1. Beby berkata:

    Ngeces nih..wah, kalo nyasar ke Klaten, ntar kudu cobain jagoan saya nih Pak: Sate Kambing Dorto Kupang. Kayaknya metode dia, bakar sate dengan bara arang ga cukup, tapi kudu bener2 di’obong’ dengan api yang nyala2 di anglo tanah..bikin efek gosongnya (baca: arang daging!)terasa ‘krreesss’ diluar tapi juicy di dalam. Mana potongannya segede gaban! Mak nyus deh, sampe2 pegawai2 dg seragam pemda sering ngantri di jam kerja loh..qiqiqi.

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s