Fotografi Makanan, Perjalanan, Tenda/Warung

Mak Epon 40 tahun jualan Toge Goreng di Gang Besi Bogor

(Catatan: Nama resmi sebenarnya Toge Goreng Ibu Evon, tetapi sesuai panggilan lokal lebih dikenal dengan Mak Epon)

Sesuai judul, kali ini menikmati Toge Goreng Mak Epon di Gang Besi (masuk dari Surya Kencana, gangnya ada ATM CIMB-Niaga) – Bogor. Ini bagian dari perjalanan ke Bogor…..

Gak tanggung-tanggung dia sudah puluhan tahun jualan lho, sejak suaminya masih ada sampai sekarang. Anak dan mantunya sekarang menemani jualan.

Soal rasa ya pasti juara deh … kalau ke Bogor gak mampir ya gak sreg rasanya. Soal harga jangan tanya deh, super terjangkau dan sangat murah dibanding kelezatannya … Bisa pilih pakai kupat atau tidak, mau satu atau setengah .. haduh …

Mak Epon mengawasi anaknya mempersiapkan hidangan

Perhatikan, masaknya masih setia memakai kayu bakar … kalau pakai kompor rasanya beda jauh katanya.  Jadi sejak puluhan tahun masih setialah dia memasak dengan kayu bakar.

Cukup dengan toge, tahu, kupat ....

Kalau dilihat dari perlakuannya ini direbus ya....

Nah yang menarik, meskipun namanya toge goreng, tapi faktanya adalah penggorengan seperti gambar di atas dilakukan dengan menggunakan air … jadi sebenarnya ini toge goreng atau toge rebus ya …..

Semua ada disini, sambel, bumbu, toge, tahu ..sederhana saja

Sungguh sangat sederhana sebenarnya makanan ini, toge yang bagus-bagus direbus, kasih tahu rebus juga, bisa pakai kupat, pakai sambel dan bumbu (oncom?) …. nah di dua terakhir ini rahasia kelezatannya … dan hanya mereka yang tahu ada apa saja di dalamnya.

Dalam gentong ini rahasia kelezatan masakan Mak Epon

Siap santap ......

Nah ini dia si Toge Goreng yang kusantap … kalau saja tidak bakal seharian makan-makan bisa dua atau tiga porsi makannya … ha ha ha …. PS : makan Toge Goreng ini perutku tidak kembung … padahal sejak mahasiswa saben makan toge goreng perut jadi kembung melulu .. kapok jadinya … Eh makan yang ini kok aman-aman saja ya …

Oh iya yang mau kesana .. jangan kesiangan ya datangnya, soalnya bisa-bisa keabisan tuh …. Juga jangan salah datang, soalnya dia dulu bukan disini dagangnya, dulu lebih ujung dekat Gang Aut dan sekarang disana sudah ada yang jualan toge goreng juga…

Ini warungnya supaya gak nyasar ya ...

Standar

10 thoughts on “Mak Epon 40 tahun jualan Toge Goreng di Gang Besi Bogor

  1. Ping-balik: Menikmati Soto PA SALAM yang selalu penuh dan cepat habis « Makan Lagi – Lagi Makan

  2. loh aku pikir toge goreng itu spt bakwan…ternyata direbus toh
    kok jadi spt gado-gado isi toge doang ya?
    Aku cukup sering ke Bogor, mestinya nanti dicatet deh mau makan apa saja hehehe. Yang biasa kubeli itu Asinan Gedung Dalam?

    EM

    • He he iya bener EM namanya saja toge goreng buatnya direbus .. tambah tahu, ketupat dan bumbu rahasia …
      Banyak kuliner enak di Bogor ..
      Asinan orisinal Bogor ada di Jalan Roda, tapi aku juga belum sempat icipi, pas kesana tutup terus

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s