Event, Kuliner

Kimiasutra Live – apaan sih itu?

Kelas ini ada sertifikatnya loh ...

 

Dapat amplop dan perangko peringatan ICY2011

Nama Kimiasutra baru beberapa lama ini dipopulerkan di milis dan komunitas Jalansutra … Nah sutra disini jangan diidentikkan dengan benang sutra atau kain sutra atau kepompong sutra ya .. Sutra dalam Jalansutra, Kimiasutra, Makansutra hendaknya dipahami seperti dalam Kamasutra (tapi jangan ngeres lho..) , makna utamanya adalah pengetahuan atau knowledge. Jadi Kimiasutra ya pengetahuan kimia atau ilmu kimia, yang berkaitan dengan Jalansutra dan Makansutra; alias pengetahuan tentang jalan-jalan dan makan-makan; alias pengetahuan wisata dan kuliner. Disini dibahas secara populer tentang proses kimia dibalik timbulnya makanan yang enak .. Kali ini saya menyaksikan penampilan perdana Kimiasutra secara live dan diselenggarakan di tempat menarik dengan dapur terbuka untuk peragaan, Decanter di Kuningan Plaza.

 

My kitchen, My lab ... Kimiasutra LIve .. di dapur beneran

 

Bahan kimia dan tabung reaksi juga ada ...

Pembicaranya adalah dua orang yang paham tentang kimia dan makan-makan, tak lain dan tak bukan : Harry Nazaruddin dan Irvan Kartawiria.  Keduanya memiliki ilmu kimia yang mumpuni, tetapi juga memiliki jam terbang tinggi dalam hal makan-makan di seluruh pelosok dunia. Yang pasti baik menulis atau berbicara selalu mereka bawakan secara menarik dan tetap mudah dicerna. Jadi jangan dibayangkan sebagai suatu yang membosankan, meskipun bekal mereka adalah buku-buku kimia yang tebal-tebal itu juga.. (lupa ku foto khusus nampaknya)..

 

HarNaz dan Irvan sedang membuat peragaan pakai laser

 

HarNaz peragakan eksperimen, Irvan menjelaskan dengan lancar (dosen .. eh Dekan gitu lho ..)

Selama kurun waktu tiga jam kita disajikan pengetahuan dasar kimia yang dijumpai dalam makanan, dengan slideshow dan peragaan dasarnya menggunakan tabung-tabung reaksi .. dilanjutkan dengan penerapan konsep-konsep tersebut dalam proses pembuatan makanan .. Nah ini yang memudahkan pemahaman kita tentang masalah yang kompleks ..

 

Waduh masih keluar juga berbagai persamaan kimia itu ...

 

Yohan membantu peragaan masak, di kiri belakang tumpukan buku referensi para pembawa acara

 

Kita makan, Irvan masih menjelaskan aneka hal yang dimakan ..

Apa cukup cuma tiga jam? Ya pasti tidak akan cukup, karena ilmu kimia sangat luas dan aplikasinya dalam makanan sangat bervariasi .. tetapi untuk bibit menuju topik-topik yang lebih mendalam lagi cukuplah rasanya …

 

Semua makan HarNaz masih juga menjelaskan kimia, he he keburu dingin makanannya lho

Acara ini diselenggarakan dalam rangka International Year of Chemistry 2011, dan menjadi bagian kalendernya.  Semoga bisa menjadi tampilan lain di media sebagai  alternatif acara kuliner yang sudah ada, kan ada banyak sekali ragam masakan Indonesia dengan berbagai proses yang terlibat.

 

Pak Bondan menutup acara, dan akan segera ke Boston (wah nyempetin diri kesini .. terimakasih ya)

 

Selamat ulang tahun Mas Wasis, inisiator Jalansutra

 

Pak Bondan, Harnaz dan peserta termuda .. wah belajar kimia dari kecil ya

Makanan dan kisah kimianya nanti disajikan terpisah ya …

Standar

8 thoughts on “Kimiasutra Live – apaan sih itu?

    • Ha…. sama-sama sedang belajar kok Prima, indoor itu memang suka jadi susah apalagi kalau cahaya kurang dan tak bisa bergerak bebas …

  1. emangnya setiap makanan yg enak ada campuran bahan kimianya? ngeri dong? sy nggak pernah masak dicampur penyedap rasa. cukup garam, gula, dan rempah2.
    salam hangat

    • Iksa berkata:

      @segokrawu, makanya perlu lihat dan ikut acara seperti ini, jadi bisa paham dan tak salah paham. Memasak itu sendiri ada berbagai proses kimia yang terjadi, meskipun itu dilangsungkan hanya dengan bahan-bahan alami.

      Salam

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s