Bistro/Cafe, Fotografi Makanan

Kriuk di luar, empuk di dalam – kisah ayam kremes di Kantin Megarasa

Ayam Kremes plus sambelnya

Seekor ayam bisa menjadi berbagai jenis masakan, baik yang sederhana maupun rumit proses pembuatannya.  Salah satu yang sekarang banyak kita jumpai adalah ayam kremes (dan aneka kremes lainnya). Kelihatannya cukup sederhana, bahan masakan, dalam hal ini ayam digoreng, disajikan dengan kremesan dan kawan-kawan, jangan lupa sambel yang enak. Jadi deh hidangan kremes.

ha menarik kan

lengkap

dengan backlight

Bagaimana dengan ayam kremes yang dimakan ini.. Ada ayamnya, ada kangkung cah (he ini tambahan yang enak dan menyenangkan), juga masih ada tomat, ketimun dan daun selada.. Plus sambel yang pedasnya okay banget. Dari kelengkapannya saja sudah bisa dibilang baik.

Kangkung cah yang menyertai ini seolah-olah hanya pelengkap, tetapi masakan dan rasanya bukan hanya pelengkap. Tetap saja cah dibuat dengan pas, tidak terlalu matang dan tidak mentah .. warna hijau daun masih bisa terlihat dengan baik, dan sayurnya masih renyah saat digigit. Bagus bukan …

Tomat, ketimun dan daun selada juga menarik sebagai pemanis tetapi juga tetap enak dimakannya .. segar …

Ayamnya bagaimana?

Lihat kangkungnya

lagi

tomat, ketimun, selada

keremesnya

Namanya saja ayam keremes .. nah logikanya pasti ayam gorengnya dong yang enak … dan masakan ini tetap sesuai dengan namanya, ayam gorengnya memang enak, apalagi pakai keremes dan dimakan bersama nasi putih dan sambel .. wah … top banget.

Apa yang membuat istimewa .. (dalam artian kalau saya ke tempat ini sangat sering memesan ayam keremes ini..)? Biasanya kalau ayam digoreng maunya didapatkan hasil berupa kulit yang renyah dan daging yang masih cukup lembut .. kata orang moist .. tapi tak boleh mentah ya … Nah inilah yang saya dapati disini ..

Kulit. Ayam gorengnya memiliki tekstur yang garing dipermukaan, baik pada kulit maupun bagian lain yang terkena minyak goreng secara langsung. Dampaknya adalah efek kriuk-kriuk saat dimakan, jadi kriuk-kriuk itu bukan hanya dari keremesnya saja.

Daging. Bagian dalam, ada daging dan tulang .. nah daging ayam keremes ini masih sangat lembut, tidak ikut-ikutan kering apalagi keras seperti di bagian luar … Jadi sesuai yang diharapkan ..masih moist .. ha ha ha dampaknya adalah kita masih tahu bahwa ini adalah daging ayam .. dan kalau dagingnya jelek akan ketahuan .. Kalau sudah kering bisa-bisa menyembunyikan keadaan daging yang sesungguhnya lho …

ada nasinya lho

minuman yang cocok, jeruk murni

Ini jeruknya

Jadi inilah salah satu hidangan yang biasa saya santap saat bertandang ke Kota Tua, di Kantin Megarasa … Pasti tidak lupa untuk singgah di tempatnya para fotografer memulai aktifitas di wilayah sana … Buat yang mau berwisata ataupun wisata kuliner tak salah untuk merasakannya juga .. lihat suasana dan mungkin tertarik belajar fotografi ..semua ada disana ..

Oh iya .. ayam keremes dengan nasi 16ribu, jeruk murni 15 ribu … dua-duanya enak … apa tidak puas banget …

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Standar

36 thoughts on “Kriuk di luar, empuk di dalam – kisah ayam kremes di Kantin Megarasa

  1. Aduh, kalo ayam, saya akan hindari kulit dan bagian paha. Saya akan makan bagian dadanya. Eh, sayap boleh juga. Tanpa kulit dong.:mrgreen:

  2. kayanya om sering hilir mudik di sekitar kota tua ya?? *bahasanya hilir mudik, kaya bajaj aja… wkakakakka…

    besok minta mama bikin ayam kremes aaaahhh…. *gak mau kalah

  3. waw… nyam nyam… dulu pernah belajar bikin ayam kremes… tapi kremesnya gagal… kayak gosong gitu malahan😆
    btw… itu ayamnya kok kayaknya sangking kriuknya tapi seperti tinggal tulang gitu mister? ada dagingnya gak tuh?😀

  4. Ping-balik: Kantin Megarasa di Kota Tua: menuju dan ada apa « Makan Lagi – Lagi Makan

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s