Event, Fotografi Makanan, Makanan, Restaurant, Utama

Puang Oca, Makanan Laut Khas Makassar

Puang Oca, sebuah restoran makanan laut Khas Makassar yang menyajikan hidangan-hidangan yang nikmat.  Di Jakarta lokasinya ada di Lapangan Tembak Senayan, cukup terlihat dari jauh dengan lampu-lampu bannernya yang warna-warni.

Kebetulan mencicipi beberapa menu yang cukup unik disini:

  • Acar Telur Ikan Tuing-Tuing alias Ikan Terbang, sangat segar dengan ketimun yang renyah dan cabe rawit yang bisa bikin mulut kepedasan saat digigit.  Telur ikannya sendiri memberi sensasi nikmat saat dimakan, terasa digigit butiran2nya meletus dimulut, dan diakhirnya perjuangan melawan jaringan ikat pada telurnya yang sangat kenyal.
  • Ikan Sukang alias Ikan Kambing-Kambing, umumnya tidak dimakan di Jawa, tetapi jadi hidangan lezat disini. Dikuliti terlebih dahulu, ini yang buat dia jarang dikonsumsi disini karena kulitnya tebal. Setelah dikuliti dibungkus dengan daun pisang dan dibakar sampai matang, tidak dibumbui.  Nah dimakan dengan sambel setelah diberi perasan air jeruk. Enak sekali.
  • Ikan Kudu-Kudu, konon hidup di air cukup dalam, sekitar 200m.  Tak heran tampilannya seram. Tapi digoreng garing dan renyah disertai sambal yang sesuai menjadikan ia hidangan yang sangat menarik dan enak tentunya.
  • Es Pisang Ijo, khas rumah makan makassar. Disajikan dalam porsi yang tak terlalu besar sehingga bisa dinikmati oleh satu orang saja sebagai makanan penutup.

Oh iya karena saat kesana pada acara berbuka puasa dengan Pak Bondan, kebetulan ada satu hidangan tambahan yang sangat maknyus juga yaitu Itik Lado Mudo dari Bofet Maknyus. Singkat kata hidangan ini eank sekali dan jauh diluar dugaan sebelumnya, karena memiliki citarasa khas dan dagingnya sangat lembut.

Acar telur Ikan Tuing-Tuing, sangat cocok sebagai pembuka

Ikan Sukang, alias Kambing-Kambing .. Polos dan nikmat

Ikan Kudu-Kudu digoreng kering

Dari samping kelihatan mukanya seram

Nah ini full tampak sampingnya

Dengan ukuran kecil Es pisang Ijo ini mudah disantap

Nah ini menu lainnya … bukan dari Puang Oca..

Masakan bebek ini sungguh berbeda dengan yang lain-lain

Ini benar benar maknyuss …

Standar

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s