Kuliner, Perjalanan, Restaurant

Makan Sate Kambing Muda “Sari Sedap” Di Tegal

Teh Poci Sari SedapDalam perjalanan darat dari Jakarta ke arah timur saat ini, kita melalui tol sampai Cikampek, selanjutnya sepanjang Indramayu sampai mendekati Cirebon melalui jalur jalan raya Pantura selanjutnya naik tol lagi sampai keluar menjelang Brebes.

Biasanya kalau saat keluar dari Jakarta kondisi perut cukup penuh dan bawa bekal memadai, maka seputar Brebes ini kita sudah mulai lapar lagi. Oleh sebab itu dalam perjalanan kali ini kondisi cukup lapar sudah dirasakan saat mencapai Kota Tegal.  

Trip SMG JOG-6609

Salah satu yang disepakati adalah mencari sate kambing, yang tidak usah repot berputar lagi. Singgahlah kami di satu rumah makan di tepi jalan ramai, dekat lampu merah.  Konon ini salah satu rumah makan yang banyak dikunjungi orang, Sari Sedap namanya.

Gula Batu

Lumayan besar juga ruangannya, yang menggunakan interior anyaman bambu dan lampu temaram. Meskipun demikian pelayanan cepat mencatat dan menghidangkan yang bisa dihidangkan. Pesanan kami standar saja: sate kambing dan sopnya. Jelas dengan nasi putih dan teh poci gula batu. 

Sate Kambing Sari Sedap

Sate kambing muda disini sebagaimana khas Tegal, disajikan dengan ukuran yang cukup besar tanpa bumbu ataupun saos. Panggangan sedikit hangus tetapi dagingnya masih empuk, lunak dan juicy. Wangi daging bakar merebak seiring dengan terhidangnya sate pesanan.

Bawang, Tomat, Jeruk Nipis Kecap dan Sambel

Bumbu yang digunakan sederhana saja, saos utama adalah kecap dengan sambel yang sudah di uleg. (Lupa mendokumentasikan jenis kecapnya). Pelengkapnya adalah irisan bawang merah kupas, tomat, dan jeruk nipis. Wah segar nian …..

Sop Kambing Sari Sedap

Sop bening berisikan daging dan tulang kambing, disertai potongan wortel dan ditaburi rajangan daun bawang.  Ini sangat mengundang selera untuk membuka prosesi makan.  Dan setelah dicicipi memang nikmat sop kambing disini, empuknya pas, dengan kuah kaldu yang sangat menggugah selera. 

Sop Kambing Sari Sedap Sate Kambing Sari Sedap

Sate baik kambing muda maupun ayam, enak adanya. Tapi fokus saat itu memang pada sate kambing mudanya, yang panggangannya sangat pas. Bahkan saat dimakan tanpa tambahan saos kecap sudah sangat terasa kenikmatannya, empuk digigit dan terasa dilidah sari rasa daging kambingnya. Memang sesuai dengan nama restorannya, Sari Sedap!

Mari Makan Sate Kambing

Oh iya selain menikmati teh poci juga sempat mencicipi tape ketan yang tersedia. Maknyuss.

Tape Ketan

Sate Kambing Muda Sari Sedap, Jl. Gajah Mada 112, Tegal – Jawa Tengah

 

Standar

4 thoughts on “Makan Sate Kambing Muda “Sari Sedap” Di Tegal

    • Sudah dicoba pulangnya.. Tapi bukan yang Tirus original (lagian sudah almarhum juga beliaunya) .. Nantikan laporannya ya Mas Wisnu ..

  1. Ping-balik: Bestik Kambing Pak No Pendek, Kota Tua – Semarang (hobinya @landhes nih) | Makan Lagi - Lagi Makan

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s