Fotografi Makanan, Perjalanan, Tenda/Warung

Sop Senerek Bu Atmo Di Magelang (favoritnya @riep_riep)

warung Senerek

Judul tempat bersantap kali ini adalah Warung Makan Senerek Bu Atmo – Sejak 1967, jadi sesuai dengan namanya sudah keterlaluan kalau sampai disini kita tidak menikmati Sop Senerek. Untuk yang tidak suka makan sop, atau tidak suka/bisa makan daging sapi bisa mencicipi masakan lain seperti nasi rames, pecel, brongkos dll. Nama Sop Senerek ini sesuatu yang asing bagi saya, juga karena belum pernah ketemu sebelumnya.

Sop Senerek dan Tape Ketan Hijau Sambelnya Sop Senerek Bu Atmo

Rupanya ini adalah Sop Kacang Merah, namun proses penyajian dan pembuatan cukup berbeda dengan di manado, apalagi dagingnya. Konon Sop Senerek ini asal muasalnya makanan Belanda yang menggunakan kacang polong hijau (disebut Snert Soup, saya kenal sebagai Erten Soup dari para senior yang suka dan bisa memasaknya memang maknyus sekali – BYKS). Meski demikian Sop Senerek ini tidak mudah juga memasaknya, karena perlu proses yang berbeda-beda untuk mendapatkan tekstur tepat bagi bahan-bahannya: kacang merah, daging sapi, wortel, kentang, daun bawang dan daun sledri.  Pastinya sih hasil akhirnya merupakan suatu santapan yang segar dan lezat, serta sesuai dengan selera.

Bisa Self Service

Saat kami sampai ke Bu Atmo di Magelang dalam perjalanan pulang dari Jogja menuju Semarang sudah sedikit lewat jam makan siang, keuntungannya adalah keramaian sudah mulai berakhir. Tetapi ruginya adalah banyak menu pilihan yang sudah habis, untung semua tetap kebagian Sop Senereknya jadi tidak sia-sia mampir. Juga menu dagingnya sudah habis, meskipun ada memasak daging di dapur tapi untuk dikonsumsi besok. Oh iya dapurnya Bu Atmo masih menggunakan kayu bakar dan arang sampai sekarang.

Makanannya

Sop yang disajikan panas-panas dalam piring sudah bertaburkan bawang merah goreng, bila ingin menambahkan pedas cabe silahkan diambil, juga bila ingin lebih gurih dengan kecap bisa ditambahkan. Oh iya ada kecap Kidang Jantra dan Kecap Kalkun, yang saya belum sempat cicipi bedanya, juga lupa ditanyakan. [Ada yang tahu?]

Kuah Sop dipanaskan Sop Senerek Siap Saji

Sebagai teman minum saya pesan tape ketan hijau hangat, rasanya unik dengan air yang rasa asap kayu. Juga tidak lupa untuk pesan es beras kencur.

Siap membayar

Yang pasti kejutan kami jumpai saat melakukan pembayaran, sampai-sampai perlu menghitung kembali, karena terlalu murahnya untuk standar turis Jakarta. Yang pasti kembali lagi ini satu rekomendasi tempat makan tradisional yang enak, murah meriah dan bergizi.

Lokasi bu Atmo

Ini tampak muka Warung Senerek Bu Atmo …   [Bersambung]

Standar

9 thoughts on “Sop Senerek Bu Atmo Di Magelang (favoritnya @riep_riep)

  1. Ping-balik: Roti Goreng Dan Kue Cucur @sidian Di Warung Senerek Bu Atmo – Magelang | Makan Lagi - Lagi Makan

  2. Setuju bangedh… memang top markotobh masakan di sini… Dulu Sop Snerek Pak Parto ini ada di dalam pasar, sekarang di terminal di kaki gunung tidar Magelang.

    • Waduh Mas Nopan saya juga cuma ikut teman kesini, tapi alamatnya bisa tanya Mbah Gugel .. Juga kalau sudah di Magelang bisa tanya penduduk, rasanya kalau dari Jogja ke Semarang dia se arah ..

  3. hari berkata:

    Wah baru baca infonya.Tahu begitu kemarin sy ke bu atmo.sangat pengen ngrasain menu sop senerek tsb, smg sy bisa tahu alamatnya.

  4. Ping-balik: Pawon Senerek | Inilah Aku

  5. Ping-balik: Perjalananmu ke Magelang Belum Lengkap Tanpa Mencicipi 7 Makanan Khas Magelang Ini ! | MalesNulis.com

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s