Fotografi Makanan, Oleh-Oleh

Ini Kecap Benteng Asli, Sejak 1882

Kecap bentengBagi sebagian besar masyarakat Banten angka 1883 adalah tahun yang takkan terlupakan dalam sejarah, karena pada tahun itu terjadi bencana maha dahsyat meletusnya Gunung Krakatau yang memakan banyak korban jiwa, dan dampaknya benar-benar mendunia pada saat itu.

Kecap Benteng Istana

Nah setahun sebelumnya, pada tahun 1882 pabrik  kecap ini mulai didirikan di tangerang oleh Teng Hay Soey, dan diteruskan oleh Teng Giok Seng. Saat ini menggunakan merek Cap Istana, Kecap benteng Asli. Ini pabrik kecap benteng tertua yang saat ini masih beroperasi.

Kecap Benteng keluarga Teng

Kenapa kecap benteng? Nah ini merujuk pada sebutan Cina Benteng. Ini kutipan dari Wiki > “Nama “China Benteng” berasal dari kata “Benteng”, nama lama kota Tangerang. Saat itu terdapat sebuah benteng Belanda di kota Tangerang di pinggir sungai Cisadane, difungsikan sebagai post pengamanan mencegah serangan dari Kesultanan Banten, benteng ini merupakan Benteng terdepan pertahanan Belanda di pulau Jawa.”  Oleh sebab itu kecap yang diproduksipun disebut kecap benteng.  Merek kecap benteng yang lebih dikenal adalah SH alias Siong Hin; bahkan konon Kecap Bango yang tenar itupun pernah menyebut dirinya sebagai kecap Benteng.

Oh iya kecap ini saya beli di Museum Benteng Heritage … nanti kita cerita soal museum ini..

 

Standar

16 thoughts on “Ini Kecap Benteng Asli, Sejak 1882

    • Wah maaf, saya juga tidak bisa menjawab pertanyaan Mas Arif nih.. Bagaimana kalau dicoba langsung saja kontak ke pabrik-pabriknya di Tangerang.

  1. warung mas suko berkata:

    bisa minta no tlp ato ada suplier yg ke lampung lg ga,aku buka warung n sllu pakai kecap benteng,stok di supermarket khbisan trs,trimakasih

  2. warung mas suko berkata:

    tolong ya suplai ke lampung yg lebih banyak lg,ga cuma di candra store ja di pasar bambu kuning jg kl bisa.oya maaf harga per botol brp sekarang?

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s