Padang Adas

Padang Adas

Dalam perjalanan dari savanna kembali menuju Cemoro Lawang (lihat juga link ini), tiba-tiba terhampar padang kuning yang indah sekali. Wow … langsung saya bilang ke Mas Patel yang membawa jip: “Boleh kita berhenti sebentar disini Mas?” … “Oh ya tentu saja, kapan saja ya boleh berhenti” … dan jip pun berhenti.

Bromo Savanna-8614

Segera saya turun dan jalan mendekati semak-semak berbunga kuning ini … Wew … indah sekali padang adas ini, sejauh mata memandang ada bunga kuning terhampar … Indahnya sulit dikatakan, sulit juga direkam dalam gambar … tapi tercetak dalam hati.  Kuning … kuning .. kuning, dan sesekali ada juga ungu si kembang rumput.

Bromo Savanna-8608

Luar biasa memang savanna di Bromo ini banyak menyimpan kejutan rupanya, ah ah sampai-sampai untuk mengabadikannya dalam fotopun masih tergagap-gagap dan keburu …

Bromo Savanna-8605

Oh iya saya belum berhasil memastikan dari refernsi lain apakah adas yang disini ini adas manis (aniseed/anise,  Pimpinella anisum) atau adas pedas (fennel, Foeniculum vulgare) … mudah-mudahan bisa diketahui nanti. Yang pasti adas ini adalah bumbu makanan yang sangat berguna .. cuma kurang tahu apakah ini juga dipanen dan digunakan secara komersial di seputar pegunungan Bromo Tengger Semeru ini.   Saya juga kurang tahu apakah makanan khas daerah sini banyak mengandung Adas atau tidak ….

Bromo Savanna-8602

Kalau ada yang punya informasi monggo diberikan komentarnya …

Perjalanan

Adas Di Savanna Bromo – Catatan Keenam Hari Keempat

Gambar

3 thoughts on “Adas Di Savanna Bromo – Catatan Keenam Hari Keempat

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s