Fotografi Makanan, Restaurant

Awalnya Makanan Bebek Bali: Bebek Bengil Di Ubud

Papan Nama Baru

Seingat saya dulu tidak terlalu banyak yang kelihatan makan dan suka makan bebek, penyebabnya mungkin karena bebek hanya menjadi satu bagian menu dalam rumah makan. Nah yang saya ingat entah pastinya tahun berapa, sekitar 1990-an pastinya, nama Bebek Bengil ini menjadi sangat tenar di Jakarta. Bahkan ada cabangnya juga, dan pastinya saya pernah ditraktir orang makan disana.

Sepiring bebek goreng

Nah setelah populer masakan bebek ala Bebek Bengil ini mulailah aneka masakan bebek menjadi ngetop dan bisa menjadi andalan dan brand name berbagai rumah makan. Jelas dengan berbagai variasi daerah asal, cara memasak, aneka sambal ikutannya. Lain kali kalau ada kesempatan kita akan bahas satu persatu. Yang ekstrim misalnya seperti nasi bebek Madura, jelas-jelas ini khas dari daerah Madura.  Ada juga yang khas dengan sambalnya seperti Bebek Kaleyo.  Namun yang tradisional dan tak berubah pasarnya seperti Itiak Lado Mudo di tempat makan Kapau atau Minang.

Tom Yum Goong Sayur

Bebek Bengil sendiri memang bermula tahun 1990 di Ubud, judul di papan namanya saja Bebek Bengil – Dirty Duck Diner – The Original Crispy Duck Since 1990.  Jaman tahun segitu saya tidak hobi ke Bali kecuali acara kantor. Tapi namanya bergema sampai Jakarta dan seperti disebut sebelumnya, sampai buka cabang. Maka tidak heran bila ia sampai sekarang tetap menjadi barometer perbebekan, di Bali khususnya.

Buktinya Enak Sambal Siap Makan

Kali ini kami makan set menu, dengan pembukaan sup udang ala Thailand yang lezat (Tom Yum Goong), perlu bumbu yang pas untuk menghasilkan paduan rasa asam, pedas dan segar yang menyenangkan. Selanjutnya menu khas bali yaitu sayur kacang panjang, sambel matah dan bebek goreng. Untuk rasa jelas nikmat.

Sawah

Kamu suka bebek masak apa?

Standar

6 thoughts on “Awalnya Makanan Bebek Bali: Bebek Bengil Di Ubud

  1. Ping-balik: Bunga Dan Cahaya | Inilah Aku

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s