Uncategorized

Semakin Kehilangan Jejak

Dengan berbagai kendala (dan alasan), sudah lama kunjungan ke blog rekan-rekan blogger yang dulu masuk ke readernya Google sudah tidak dilakukan lagi. Apalagi setelah layanannya dihentikan, saya coba beralih ke Feedly, namun terasa belum cocok juga.

Saat ini paling banyak hanya melihat update via email dari berbagai blog rekan, yang diset untuk mengirim sehari sekali atau bila ada update. Juga paling hanya membaca dari WordPress Reader, berarti hanya terbatas pada blog yang saya follow atau bila mencari tag/topik tertentu.

Namun itupun tidak semua blog bisa dibaca, karena ternyata banyak juga yang harus dibaca secara utuh di luar reader, mungkin karena alasan estetika agar tidak penuh halaman muka blognya. Akibatnya sih kalau kurang menarik ya dilewati saja deh, cukup lihat judul dan paragraf awal saja.

Sebagian rekan blogger, yang masih ada di WordPress Reader, juga makin sulit diberi respon meskipun artikelnya terbaca utuh. Saya amati itu terjadi pada sebagian rekan-rekan yang sudah tidak hosting di WordPress.Com lagi. Namun demikian rasanya seharusnya sepanjang masih menggunakan platform WordPress.Org sebagai self hosting ya tidak menjadi masalah juga, kan tetap sama saja. Tapi faktanya sih begitu.

Hmm … moga-moga layanan WordPress bisa memperbaiki hal ini nanti, biar lebih mudah berkunjung atau blogwalk, 😃 …

Berikut ini contoh screen capture dari reader, tidak bisa like atau komentar.

20131206-235427.jpg

Standar

One thought on “Semakin Kehilangan Jejak

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s