Uncategorized

WordPress Dengan Two Step Authentication

20131211-220850.jpg

One Time Security Code Via SMS

Saat sedang di dashboard tadi keluar notifikasi untuk meningkatkan pengamanan blog. Ya, sudah beberapa lama WordPress menerapkan two step authentication untuk blog-blog pada WordPress.Com, tetapi saya belum terapkan.

Nah mumpung diingatkan jadi saya jalani saja prosesnya. Untuk​ memulai dia minta kita masuk ke halaman utama WordPress.Com kita. Pada halaman itu kita klik avatar – Settings – Security. Disana diminta memasukkan nomor telpon yang kita pakai sehari-hari. Untuk Indonesia kode negara +62, nomor hp dimasukkan lengkap dengan angka 0.

Sesudah itu kita dikirimkan notifikasi sms ke hp yang didaftarkan. Masukkan kode yang dikirimkan ini, ke tempat yang diminta. Selanjutnya kita diminta untuk mencetak kode darurat sekali pakai yang dikeluarkan secara acak. Cetaklah dan simpan kode sekali pakai ini. Saya tidak cetak, tapi foto dengan bb saja. Eh malah diminta konfirmasi sudah mencetak dengan memasukkan salah satu kode yang ada, dan tulis “printed” pula. Ikuti saja.

Selanjutnya untuk aplikasi-aplikasi di gadget seperti bb, ipon, ipad, android dll kita perlu buatkan password sekali masuk. Password ini panjang dan rumit, makanya untuk sekali masuk saja. Tiap gadget satu password, dan bisa diganti baru bila kita memerlukannya.

Demikianlah sekilas mengenai two step authentication yang makin banyak diterapkan oleh aplikasi-aplikasi populer (dan sering dibajak)…

Dengan demikian kalau mau login di komputer baru pasti harus masukkan kode lewat sms selain password yang ada. Kalau lupa harus pakai kode darurat yang tercetak. Kalau lupa juga ya nasib banget deh.

Wah sayang kontesnya Mas Dewo udah lewat nih.

20131211-220857.jpg

Ini Perlu One Time Application Password

Standar

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s