Utama

Cakalang Pete Garo Rica

20131219-200847.jpg

20131219-200814.jpg

Sejak cukup lama sudah membayangkan nikmatnya menyantap cakalang garo rica dengan pete. Selama ini pete dengan sambal biasa kita jumpai pada produk seperti sambel goreng ati, sambal lado pete, nasi goreng pete, telor pete dsb.

Sayangnya dua makanan enak belum pernah saya jumpai dikombinasikan jadi satu masakan. Akhirnya diputuskan untuk membuatnya di dapur sendiri saja. Pembuatannya sederhana saja.

Pertama dibuat cakalang garo rica dengan proses normal. Cakalang fufu disuwir-suwir halus, digoreng tore (renyah/garing) menggunakan minyak panas. Sambil disiapkan cabe merah pedas dipotong, sedikit bawang, jahe dihaluskan, daun jeruk limo; semua digoreng dan dicampurkan untuk mendapat cakalang garo rica (normal).

Petai dikupas dan di sangrai di tempat terpisah. Setelah berminyak dicampurkan ke dalam cakalang garo rica, terus dipanaskan dalam penggorengan. Akan keluar aroma wangi khas pete. Berarti siap hidang dan siap santap.

Hasil :
Aroma khas cakalang garo rica dan pete tercium dengan cukup kuat pada hidangan ini. Saat disantap bagian daging ikan, terasa kenikmatan khas cakalang garo rica. Hanya sepintas ada tambahan aroma pete. Namun saat bersantap ikan plus biji petenya, wah terasa sekali kenikmatan cakalang pedas ini teraksentuasi dengan baik oleh aroma kencang dari pete. Campuran aroma yang sangat ciamik didapatkan disini. Hanya dapat dinikmati penggemar kuliner Indonesia sejati.

Semoga percobaan awal ini bisa dikembangkan oleh aneka rumah makan manado di mana saja.

[Bagaimana kalau ditambah jengkol?]

20131219-200753.jpg

20131219-200831.jpg

Standar

4 thoughts on “Cakalang Pete Garo Rica

    • Kalau pakai cakalang asap sudah aman Mas Adjit .… kalau cakalang segar mungkin perlu tambahan-tambahan itu. Prinsipnya sih pakai pete membuat rasa enak meningkat 😀

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s