Restaurant

Buat Yang Kangen Masakan Pati Di Jakarta Boleh Coba Dapur Cikajang

20140103-235426.jpg

Semula agak seram juga memasuki tempat yang terlihat cukup “wah” ini, tapi akhirnya diputuskan untuk mencoba juga. Ternyata di dalamnya tertata baik area makan dan dapurnya, dan tak memberi kesan berlebihan. Lihat menunya ya kisaran harga cukup normal untuk Jakarta.

Setelah melihat menu rupanya cukup banyak makanan dari wilayah pantai utara seputaran Pati. Sedikit bertanya ke petugas yang melayani katanya benar pemiliknya Pak Kombes L yang asalnya dari Pati. Keheranan terjawab sudah.

Makanan yang dipesan: mangut manyung – untuk yang sering lewat pantura antara Kudus sampai Rembang akan mengenali makanan ini. Selanjutnya: garang asam ayam – nah ini mengingatkan pada Jepara dan Kudus di seputaran pantura juga … ups tapi cukup banyak daerah yang ada garang asamnya lho. Terakhir, nasi gandul … ini jelas-jelas khas Pati.

Mangut Manyung (ada daging dan kepala, yang dipesan dagingnya): berkuah kental dan pedas sesuai yang diharapkan, rasa khas asap mangut sangat nyata, dan daging manyungnya pun terasa nikmat di mulut. Mungkin kepalanya akan lebih nikmat lagi. Bagi yang pernah mencicipi masakan mrico ini di asalnya pasti akan cukup terhibur bisa menikmati di Jakarta.

Garang Asam Ayam: cukup banyak potongan ayam disertakan dalam masakan berkuah wangi dan segar ini, namun hati-hati bagi yang tidak tahan pedas. Rasa nikmat dan segar pada garang asam ini tak lepas dari adanya cabe yang cukup banyak. Tentunya tidak lupa bumbu lain, yang komplit tentunya. Ini juga lumayan untuk pelipur kangen akan kampung halaman. Namun dibanding mangut manyung, mungkin lebih banyak tempat kita bisa jumpai garang asam. Tapi kalau cocok dengan pedas disini pasti cocok.

Nasi gandul: buat saya kok rada pedes ya, agak beda dengan bayangan selama ini. Tapi ini karya juru masak yang dibawa dari asalnya, mungkin selera saya sudah terlalu Jakarta.

Minum saya coba kunyit asemnya dan enak!

Dapur Cikajang
Jl. Cikajang 55 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan

20140104-000034.jpg

20140103-235923.jpg

20140103-235837.jpg

20140103-235752.jpg

20140103-235700.jpg

Standar

4 thoughts on “Buat Yang Kangen Masakan Pati Di Jakarta Boleh Coba Dapur Cikajang

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s