Perjalanan

Terbang Dengan Batik Air

20140108-033644.jpg

Batik Air diluncurkan sebagai layanan full service dari Lion Air Group. Jadi selain Lion Air dan Wings Air, maka ada pula Batik Air.

Rute-rute yang dilayani Lion Air kebanyakan (?) diberi pendamping Batik Air, dengan demikian penumpang memiliki pilihan. Bila ingin lebih murah dengan layanan low cost silahkan gunakan Lion Air. Namun bila ingin lebih nyaman silahkan gunakan Batik Air dengan full servicenya. Bila ingin lebih nyaman silahkan gunakan kelas eksekutifnya.

Dari segi pemesanan tiket online tidak terdapat perbedaan antara Batik dan Lion. Kita bisa membandingkan tarif keduanya sekaligus pada platform layanan tiket yang sama. Dengan demikian kita bisa memilih jam keberangkatan dan harga yang sesuai. Pembelian tiket online dan pembayaran untuk keduanya prosesnya sama. Sayangnya pembayaran kartu kredit juga tidak bisa dilakukan setelah 48 jam sebelum keberangkatan, berbeda dengan Garuda Indonesia yang bisa menggunakan kartu kredit pada layanan onlinenya bahkan menjelang keberangkatan.

Setelah mendapatkan kode booking dan kode pembayaran, bila memilih membayar melalui debit/atm/alfamaret maka kita diberi beberapa jam untuk membayar. Segera setelah membayar kita akan dikirimkan tiket elektronis secara otomatis pada email yang didaftarkan. Bila tidak terima agar dicek ke layanan pelanggan.

Bila dengan Lion Air kita dapat lakukan web check-in antara 24 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan. Namun layanan serupa tidak berhasil saat akan digunakan untuk Batik Air. Apakah ini memang standarnya Batik Air? Mudah-mudahan bukan ya. Masa kalah dengan Lion yang bukan full service.

Untungnya saat check-in di Jogja bulan lalu cukup nyaman dan lancar. Seperti biasa perjalanan domestik dapat jatah 15 kg bagasi check-in plus satu bagasi kabin. Juga masih harus bayar airport tax.

Pesawat bergambar batik yang relatif baru (Boeing 737-900ER) dan pramugari/a yang nampak lebih senior dari kebanyakan di Lion Air, memberi atmosfir yang lebih nyaman. Perbedaan utama sih pada saat duduk Batik Airbjauh lebih nyaman dibandingkan Lion Air pastinya, jarak antara kaki dan kursi depan cukup jauh. Hm untuk dibandingkan dengan Garuda harus lihat spek masing-masing, yang pasti buat orang sebesar saya sudah nyaman kursinya.

Juga tidak lupa dapat layanan makanan dan minuman pastinya, meski penerbangan Batik Air dari Jogja ke Jakarta hanya 1 jam. Oh iya, ada inflight entertainment pada layar sentuh di sandaran kursi di depan masing-masing penumpang, bisa main game lho.

Keterlambatan atau ketepatan waktu rasanya sesuatu yang sulit dibandingkan, karena banyak faktor pemicunya.

Lihat juga:

20140108-033658.jpg

20140108-033625.jpg

20140108-033558.jpg

20140108-033539.jpg

20140108-033521.jpg

20140108-033306.jpg

Standar

4 thoughts on “Terbang Dengan Batik Air

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s