Wings Air Di Lombok - Iksa Menajang
Perjalanan

Perjumpaan Dengan Wings Air Dan Urusan Bagasi

Wings Air - Iksa Menajang

Saat ini bila kita terbang ke berbagai kota di Indonesia makin banyak kita menemui pesawat Wings Air juga ada disana.  Perusahaan penerbangan yang merupakan anak perusahaan Lion Air  ini beroperasi sejak 2003, berarti menginjak tahun ke 11 operasinya tahun ini. Dalam operasionalnya menggunakan pesawat jenis ATR-72 versi 500 dan 600, pesawat ini berdaya tampung 72 penumpang saja. Nah pesawat ini memang unik tampilannya, mungkin karena berbeda dengan Boeing yang banyak kita jumpai dengan ukurannya yang besar.

Nah dengan daya tampung penumpang lebih sedikit dan jenis pesawat yang ukurannya lebih kecil ini, nampaknya memang operasional pesawat ini ditujukan untuk penerbangan jarak menengah untuk mengisi rute antar bandara yang belum terlalu padat penumpangnya. Atau bandara-bandara yang memang belum bisa menerima pesawat yang lebih besar.

Untuk penerbangan model begini memang banyak batasannya, nah paling repot bagi orang Indonesia adalah batasan berat bagasi (gratis) yang boleh dibawa, hanya 10 kg saja. Terbayanglah bagaimana umumnya orang Indonesia kalau bepergian, pasti heboh dengan banyak bawaan. Dengan airline ini sebaiknya kita bawa yang perlu saja, atau memperhitungkan biaya total perjalanan bila harus membawa banyak bawaan.

Saya pribadi akan cenderung kesulitan untuk urusan berat beban ini. Untuk pakaian sih tidak masalah karena bisa diatur, tapi perlengkapan fotografi ini yang sering jauh lebih berat. Nanti akan saya coba lihat berbagai cara meringkas alat-alat fotografi dalam perjalanan. Kalau untuk baju sih biasanya saya lakukan:

  • Bawa yang benar-benar perlu dan seringan-ringannya, umumnya kaos katun. Sesuaikan dengan jumlah hari dan pengulangan pemakaian dengan mencuci di lokasi.
  • Bila tidak diperlukan celana panjang, bawa celana pendek saja dalam tas. Celana panjang digunakan saat terbang.
  • Jangan lupa bawa sarung atau kain yang ringan, ini merupakan kostum yang umum di banyak tempat di Indonesia. Bisa buat anti nyamuk dan dingin saat tidur, bisa digunakan sehari-hari gantikan celana kalau basah.
  • Perlengkapan kebersihan diri masukkan dalam kemasan kecil semua.
  • Obat-obatan pribadi sedikit saja.
  • Bila akan membawa sepatu, apalagi yang berat, pakailah.
  • Gunakan tas yang ringan dan kuat.

Catatan: Pesawat ini saya foto di Lombok International Airport …

Lihat juga:

Wings Air Di Lombok - Iksa Menajang

Standar

2 thoughts on “Perjumpaan Dengan Wings Air Dan Urusan Bagasi

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s