Perjalanan

Kala Dalam Kabin Pesawat Tidak Aman Lagi

20140115-201247.jpg

Membaca berita di internet dan link-link yang disebarkan diberbagai media sosial, nampaknya sudah cukup lama berkembang modus operandi kejahatan baru yang mengancam para traveller. Kali ini tidak tanggung-tanggung beroperasi dalam kabin pesawat untuk mengambil uang/barang dalam tas kabin penumpang lain, bukan bagasi yang di check-in lagi seperti yang sering dialami.

Metodenya diduga mereka bergerombol, biasanya juga bertindak seolah-olah saling tidak kenal. Cenderung untuk menaiki pesawat di awal supaya bisa mengamati yang naik sesudah mereka. Nah aksinya dilakukan pada bawaan orang yang sedang antri untuk menggunakan toilet, biasanya kan saat tidak lama sesudah take-off dan sebelum landing. Apa ada komplotannya yang juga meramaikan antrian toilet ini, bisa saja. Si pelaku akan beraksi, dengan tenang mengambil bawaan korban yang disasarnya dari kompartemen bagasi kabin, dibawa ke tempat duduknya dan mengambil yang diperlukannya (uang, benda berharga dll yang kira-kira tidak segera diketahui pembawanya). Selanjutnya dengan tenang mengembalikannya.  Sudah ada yang tertangkap juga sih di luar negeri, tapi banyak juga yang lolos. Berarti kerja mereka cukup rapih dan terkoordinasi. [Konon ada juga yang diduga pakai bius-biusan .. ehh] …

Nah apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini:

  • Sebaiknya membawa tas selempang kecil berisikan dompet, uang dan surat-surat penting + gadget yang dibawa-bawa. Nah ini kan bisa kita bawa ke tempat duduk dengan tenang.
  • Bila membawa barang ke kabin, sedapatnya ditaruh di kompartemen dekat kita atau yang mudah diawasi. Jangan taruh uang dalam jumlah banyak dan sebangsanya dalam tas tersebut.
  • Bantulah penumpang lain, dengan mengamati siapa yang menaruh tas apa dalam kompartemen barang dan terutama kalau ada yang mengambil pada saat penerbangan berlangsung dan ada penumpang sedang ke toilet.
  • Waspadalah … banyak variasi bisa berlangsung, baik terhadap kita atau orang lain.

.

Lihat juga:

20140115-201304.jpg

20140115-201407.jpg

Standar

2 thoughts on “Kala Dalam Kabin Pesawat Tidak Aman Lagi

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s