Mobile, Peralatan

Catatan Dari Pemakaian Bolt 4G LTE Mobile Internet Selama 20 Hari

20140130-022801.jpg

Tulisan ini sebagai kelanjutan artikel terdahulu saat membeli modem mobile internet Bolt 4G LTE (bisa lihat disini), dan hanya bersifat melengkapi pengalaman menggunakan selama 20 hari ini.

Bagi seorang pengguna dan blogger yang bersifat mobile, dan sejak awal memang diniatkan untuk digunakan di jalan saat sedang berkeliling seputar Jabotabek maka beberapa hal ini yang saya perhatikan: koneksi internet dan kecepatannya, daya tahan baterai, kemudahan dibawa dan hal fisik lainnya. Mari coba kita bahas singkat saja.

Koneksi Mobile Internet

Sebenarnya dari Bolt sudah menyediakan peta jaringan yang tercover oleh layanannya, ada di artikel sebelumnya. Bisa klik disini juga. Nah bila tidak ingin kecewa maka saat ini lihat baik-baik peta tersebut, dan bila cukup banyak lokasi yang sering kita kunjungi tercover oleh layanan Bolt, rasanya cukup memadailah untuk digunakan. Namun demikian namanya juga sinyal, kadang kala di area yang tak terlayani tapi oleh satu dan lain sebab bisa ada sinyal tertangkap. Bisa juga sebaliknya. Kecepatan yang pernah dialami sesuai pada artikel sebelum ini.

Beberapa kendala yang dijumpai: lokasi gedung tinggi dan hal ini sudah diingatkan oleh pihak CS Bolt saat membeli; lokasi gedung/bangunan yang masif menghalangi sinyal, beberapa kali masuk rumah makan atau gedung biasa namun sinyal Bolt rupanya terhalang oleh struktur bangunan yang ada, baru saat keluar gedung aktif kembali.

Umumnya bila keadaan tidak ada sinyal internet akan ditandai dengan warna merah berkedip-kedip pada lampu indikator kanan. Bila akan berada cukup lama disana maka saya matikan dulu perangkat modem-router ini untuk menghemat baterai. Kadang-kadang bila dinyalakan lagi mendadak mau tersambung, maka mujurlah saya sebagai pengguna. [Saat tersambung dengan sinyal provider, maka modem akan berkedip-kedip biru lampu paling kanannya. Lampu tengah berkedip-kedip biru sebagai tanda wifi sudah hidup, siap untuk digunakan – dan tetap ada baik ada sinyal internet ataupun tidak.]

Modem router Bolt didesain untuk digunakan sampai 8 gadget, namun demikian belum pernah saya coba sampai sebanyak itu. Paling banyak hanya sampai 4 gadget dalam perjalanan mobile dan berlangsung lancar saja. Apalagi bila hanya sendiri dan digunakan pada 2 gadget pasti lebih lancar.

Daya Tahan Baterai

Selama ini saya belum pernah menggunakan modem Bolt ini sampai lama sekali, terpanjang adalah sekitar 6 jam sekaligus. Tapi umumnya kurang dari itu. Dan selama ini meskipun sudah menyala merah lampu indikator baterai namun modem masih berfungsi dengan baik. Tapi ini kan memang masih baru, sudah sewajarnya tahan lama.

Masalah utamanya adalah panas yang dikeluarkan bila digunakan dalam waktu lama, oleh sebab itu biasanya saya masukkan dalam tas selempang  kecil bersama power bank, charger-charger dan kamera travel saya. Dengan demikian saya tidak perlu kena panas yang keluar akibat pemakaian. Toh modem-router ini memiliki daya jangkau yang lumayan, sekitar kita beraktivitas dalam ruangan kiranya masih terjangkau.

Kemudahan Lain

Karena ukuran yang relatif kecil termasuk chargernya juga, maka unit Bolt mudah dibawa-bawa seperti disebutkan di atas. Apalagi buat jaman sekarang dimana pengguna sudah terbiasa membawa beberapa gadget, pasti akan dimudahkan.

Cuma mungkin tombol on-off unit modem ini bisa tertekan dengan mudah dan menyala sendiri bila kita taruh bersama dengan beberapa barang yang mungkin menekan tombol tersebut. Hal ini pernah saya alami saat memotret dan memasukkan unit modem dalam keadaan mati, tetapi karena tersentuh oleh alat lain dalam backpack maka unit jadi hidup sendiri. Tapi ini tak masalah asal kita hati-hati sebagai penggunanya.

Untuk panel webnya saya belum pernah buka sendiri di rumah.

Tak ada Sinyal

Modem Bolt

Standar

20 thoughts on “Catatan Dari Pemakaian Bolt 4G LTE Mobile Internet Selama 20 Hari

  1. andi berkata:

    bolt parah. saya pakai hanya bisa di luar/depan rumah. Di dalam rumah signal NOL . Amat sangat kecewa sekali.

    • yosi berkata:

      iya gan ,salesnya emang kurang ajar selalu bilang daerah jabodetabek bagus padahal area jakarta pun belum semuanya tercover

  2. SEKEDAR BERBAGI.

    Saya punya dapet speed maksimal download sampe 5mbps, upload 3mbps. Rata2 nya masing2 2mbps – daerah kreo selatan. Selalu aktif menyala selama (rata2) 12 jam sehari. Tapi permasalahannya dari beli baru, baterai terkadang merah meskipun baru di charge.

  3. Saya tinggal di jakarta utara, kalau lihat d map jaringan BOLT daerah saya harusnya dapat signal kuat. Tapi kenyataannya sering Disconnect di saat lagi login FB ataupun game online lainnya, dan ini sering kali terjadi setiap login. KECEWA dengan BOLT

  4. Sumarno berkata:

    wah, bolt nya ngga bisa digunakan di daerah ku nicn, di klapanunggal Cileungsi belakang pabrik semen Holcym, katanya jabotabek pada hal daerah ku masih daerah perbatasan dengan cibubur jakarta timur, ga ada signalnya, tolong donk Perushaan Bolt diperbaiki jaringan nya

  5. doel berkata:

    saya ada masalah dengan bolt gan, kenapa yah ko baru beli 1 bulan setengah ko mati total. masalahnya kan ane semalem baru di cas full terus esok harinya di pake wifian 3jam masa ga tau kena pa hologan batre ga tau kenapa mati. awalnya sih ane cukup gembira kecepan sped yampe 1mb padahal tak unloc dan dc anloc , tapi sekarang mati total. kata selernya suruh beli batre emmmm haragnya mahal lagi 90rbu -_-

  6. tony berkata:

    masyaallah ,saya tinggal di bogor kata penjual nya bolt cepat kaya rocket.tapi kenyataannya kok kaya …kura kura lemot banget.

  7. nbctcp berkata:

    Kejadian kemarin pake modem Bolt Huawei 5372S (yg ada LCD).
    browsing dan torrent ok

    PROBLEM:
    1. ga bisa ping kemana sj
    2. thunderbird ga bisa check email, pake webmail ok
    3. esmart bni ga bisa konek

    Ada yg punya problem yg sama?

  8. bolt kutu kupretttt.. tiap 10 menit ilang mulu tuh sinyal kaya ditelan kucing trus kabur tuh kucingnya. pertama beli sih oke sampe bulan kedua. selanjutnya cuma bikin dongkol. klo ilang tuh sinyal kagak bisa dapet lagi sinyalnya. kecuali lepas batere, lepas kartu dan pasang lagi atau restart. klo bukan karena beli gw udah banting kalii!!

  9. retno budhayati berkata:

    daerah kamal muara kok sinyal bolt jelek bngt yaa sinyal selalu merah di lampu plng kanan , dan klo connect ke pc sllu terbatas tulisannya ato klo pun ada sinyalnya ttp gk bs connect ke internet…

  10. Modem Bolot ane mati total dong nyala sebentar otomatis mati lagi, kirain batrenya eehh pas pinjem batre yang punya temen ane, laaahhh hasilnya nihil masih tetep mati total. solusi nya gan🙂

  11. modem bolt saya pas device locked , saya reset trus dia kan mati .. ane coba nyalain ga bisa .. terus coba dicabut batre.. pas dinyalain lagi eeeh malah diem terus di tulisan bolt nya ga masuk2 ke menu

Mari berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s